Pemilu 14 Februari, 1.012 Satlinmas Jaga 506 TPS, Ini Pesan Sekkot Palopo Firmanza

  • Bagikan
Sekkot Palopo, Firmanza DP memeriksa pasukan pada apel gelar pasukan siaga Pemilu 2024 di Lapangan Pancasila, Rabu, 7 Februari 2024 lalu. --ft: humas/pemkot--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sekda Kota (Sekkot) Palopo, Firmanza DP SH MSi mewakili Pj Wali Kota memimpin apel gelar pasukan siaga pemilu 2024 lingkup Pemerintah Kota Palopo di Lapangan Pancasila, Rabu, 7 Februari 2024 lalu.

Apel diawali pemeriksaan pasukan yang terdiri unsur TNI, Polres, Camat, Lurah, tenaga kesehatan, Satuan Linmas (Satlinmas) Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan RT/RW.

Jumlah Satlinmas Kota Palopo sebanyak 1.012 orang. Mereka akan bertugas pada 506 TPS untuk menjaga keamanan dan ketertiban Pemilu 14 Februari 2024 pekan depan.

Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH. M.Si., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekda mengungkapkan, kegiatan ini simbol semangat dan tekad dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu, agar terlaksana dengan lancar dan tanpa hambatan.

"Pj Wali Kota menyampaikan harapan dan pesan diantaranya, suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024 tidak hanya bertumpu pada penyelenggara pemilu, namun juga merupakan tanggung jawab moral bersama seluruh elemen masyarakat," kata Firmanza DP.

Firmanza menambahkan, Pj Wali Kota meminta untuk melaksanakan peran dan fungsi masing-masing agar pesta demokrasi terlaksana dengan baik.

"Dan lebih khusus kepada masyarakat, mari kita semua mastikan dan mewujudkan situasi keamanan dan kedamaian, di lingkungan masing- masing, sebelum, sesaat dan setelah pemilu berlangsung," ungkapnya.

Pemerintah, kata Firmanza, mengharapkan untuk memperkuat dan memastikan koordinasi dan komunikasi lintas sektor berjalan secara optimal.

"Jangan egosentris dan cenderung abai pada sesuatu yang seharusnya dapat dilaksanakan dan diantisipasi bersama-sama," katanya.

"Karena sekuat apapun kita, semampu apapun kita tanpa kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik, maka akan sangat memengaruhi pelaksanaan pemilu," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Firmanza juga agar upaya deteksi dini terhadap segala bentuk gangguan dan hambatan, bisa diantisipasi.

"Apa saja yang diduga dapat menghambat kelancaran pelaksanaan pemilu, seperti kondisi cuaca ekstrem, hambatan alat komunikasi dan gangguan lainnya, itu harus diantisipasi," katanya.

Lebih jauh, Firmanza, mengingatkan, untuk senantiasa menjaga stamina dan kondisi kesehatan, selalu dalam kondisi prima dan menghindari hal-hal yang dapat menganggu kesehatan.

"Termasuk konsentrasi diri dalam menunaikan tugas negara, dimana tahapan pemilu ini cukup menyita energi, waktu bahkan emosi," jelasnya.

Pj Wali Kota melalui Sekda juga berpesan, agar tingkat partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2024 dapat lebih meningkat dan menggembirakan.

"Karena ini adalah saat dimana masyarakat memanfaatkan potensi dirinya, membangun negeri melalui penyaluran suara berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku," urainya.

"Saya ucapkan selamat bertugas, semoga tugas ini senantiasa bernilai ibadah disisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Mari kita mewujudkan pemilu yang aman dan damai di Kota Palopo," tutupnya.

Hadir pada apel gelar pasukan itu, unsur Forkopimda Kota Palopo, para Asisten, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah. (ikhwan ibrahim)

  • Bagikan