1.057

Banjir Landa Marobo, TPS 03 Salubattang Dipindahkan

  • Bagikan

BEGINILAH suasana pembuatan tenda untuk TPS 03 di Marobo, Senin, 12 Februari 2024. --kahar iting--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TELLUWANUA-- Hujan deras disertai petir dan angin kencang menyebabkan banjir melanda Kelurahan Salubattang, Kecamatan Telluwanua Kota Palopo.

Imbas banjir yang paling dirasakan masyarakat Salubattang, ada di lingkungan RTO2 RW03 Marobo.

Sejak Minggu sore 11 Februari 2024, air kiriman dari Sungai Salubattang mulai merayap masuk ke pemukiman warga.

Hingga Senin, 12 Februari 2024 pukul 00.00 Wita dini hari, debit air meningkat sampai menggenangi akses transportasi (jalan) di perkampungan Marobo.

Akibat dari banjir kiriman dari Kelurahan Salubattang, membuat Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Salubattang, Buhasra Bulla, memutuskan memutuskan agar Tempat Pemungutan Surat (TPS) 03 yang ada di Marobo dipindahkan ke titik aman.

"Aturannya sudah jelas, jika dalam keadaan darurat maka TPS harus dipindahkan, seperti yang terjadi di Marobo, banjir tiba-tiba datang kemudian titik TPS yang sudah ditetapkan rawan terkena banjir sehingga saya berkoordinasi ke teman-teman yang lain dan kita sepakat untuk memindahkan TPS 03 ke lokasi yang aman dari banjir," kata Buhasra Bulla, kepada Palopo Pos, Senin, 12 Februari 2024.

Untuk pembuatan TPS, lanjut Buhasra Bulla, khusus di Kelurahan Salubattang, sejak hari ini sudah mulai di bangun.

Ada tiga TPS di Kelurahan Salubattang, yakni di Sanking, Salubattang dan Marobo.

"Di Sanking kita pakai tenda jadi, di Salubattang pakai gedung sekolah dan di Marobo kita buat tenda seperti yang terlihat saat ini," beber Buhasra Bulla.

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 03, Fajar, mengatakan, titik awal TPS 03 yang tadinya sudah dipersiapkan untuk dilakukan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, ternyata tergenang air akibat banjir.

Atas dasar tersebut TPS 03 di Marobo dipindahkan ke lokasi yang aman tapi masih di lingkungan Marobo.

"Kita menjaga hal-hal yang tidak diinginkan kemudian memberikan pelayanan maksimal kepada para pemilih yang datang mencoblos," tutup Fajar.(kahar iting)

  • Bagikan