201

Tak Punya Duit, Yasman Miming Angkat ‘Bendera Putih’

  • Bagikan

* Caleg PPP Kembali ke Rumah Merenungi Demokrasi yang Melenceng

PALOPOPOSPOS.CO.ID, TOMPOTIKKA--
Money politik di Kota Palopo dikabarkan makin parah. Para Caleg Kota Palopo jor-joran bagi-bagi duit kepada warga untuk memilihnya pada Pileg 14 Februari 2024. Ada Caleg incumbent yang menawarkan hingga Rp500 ribu persuara.

Hal itu membuat Caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil 1 Kec. Wara-Wara Utara, Yasman Miming SE prihatin dan bersedih melihat sistem demokrasi yang melenceng dari cita-cita pendiri bangsa. Ia pun angkat 'bendera putih'.

''Hari ini saya nyatakan tidak bersedia dipilih karena uang. Saya tidak mampu melihat kondisi di lapangan, diluar impian saya. Demokrasi sudah jauh melenceng dari harapan,'' terang Yasman kepada Palopo Pos melalui telepon, Senin, 12 Februari 2024.

Menurutnya, masyarakat saat ini bukan lagi membicarakan pandangan-pandangan dan pikiran akal sehat dalam berdemokrasi. Tapi orang sudah bicara uang. Ada uang ada suara. Ada anggota dewan menawarkan Rp500 ribu untuk satu suara.

''Ngeri saya melihatnya, ampun saya. Karena saya tidak punya uang sebanyak itu, saya hanya bisa mengeluarkan air mata. Saya pulang ke rumah merenungi nasib bangsa ke depan,'' ucap Yasman bersedih.

Yasman tidak menyalahkan siapa-siapa. Karena sistem yang memaksa terjadinya kondisi seperti ini. ''Panwas juga tidak bisa berbuat banyak,'' terangnya.

Atas hal itu, mantan Ketua KNPI Luwu (masih menyatu dengan Palopo) ini, meminta agar pengambil kebijakan negara ini meninjau ulang sistem Pemilu terbuka. Kalau sistem ini dipertahankan, maka membungkam demokrasi itu sendiri. Dan membikin lembaga DPRD tidak berkualitas.

Kasihan parpol, tidak menjadi laboratorium bagi calon pemimpin. Pengkaderan tidak ada gunanya di Parpol. Sehingga kasian kader partai yang cerdas dan berkualitas, hanya bisa gigit jadi karena tidak punya uang.

''Saya ucapkan selamat kepada Caleg yang punya uang banyak untuk beli suara. Dan masyarakat yang ikhlas memilih saya karena hati nurani, saya sangat-sangat berterima kasih,'' tandas mantan Pimres Palopo Pos ini. (ikh)

  • Bagikan