Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi Warga Sulsel, Hadirkan Kereta Api Pertama

  • Bagikan
KERETA API PERTAMA DI SULSEL. Gerbong Kereta Api melintas di atas rel layang di daerah Kabupaten Barru, 31 Mei 2023. Di era Presiden Jokowi, masyarakat Sulsel akhirnya dapat menikmati transportasi Kereta Api. Untuk saat ini, KA Makassar-Parepare sepanjang 145 km, yang sudah terbangun baru sepanjang 120 km, dan yang sudah dioperasikan sepanjang 80 km dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID BARRU -- Presiden Jokowi meresmikan Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, Sulawesi yang bagian dari jalur Makassar-Parepare lintas Maros-Garongkong, Kereta Trans Sulawesi.

"Jalur rel Trans Sulawesi ini Insya Allah akan tersambung dari Makassar di sampai utara Sulawesi sampai ke Manado," kata Jokowi dalam Sambutan Presiden Jokowi pada Peresmian Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, (29/3/2023)

Depo Sarana Kereta Api di Maros yang merupakan tempat pengujian, pemeriksaan, serta perawatan kelaikan operasi sarana perkeretaapian.

Proyek KA Makassar-Parepare merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi, dan menjadi salah satu proyek strategis nasional.

Dari total panjang jalur KA Makassar-Parepare sepanjang 145 km, yang sudah terbangun sepanjang 120 km, dan yang sudah dioperasikan sepanjang 80 km dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.

Sejak beroperasi mulai November 2022 lalu, kehadiran kereta pertama di Sulawesi ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Hingga Maret 2023, sudah mengangkut penumpang berjumlah 25.699 orang, dengan rata-rata okupansi 78,02% dari kapasitas total 90 penumpang menggunakan kereta wisata.(int/idr)

  • Bagikan