Ustaz Khalid Basalamah Ramai Dituding Beraliran Wahabi, Ini Katanya…

  • Bagikan
Ustaz Khalid Basalamah. --fajar--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Penceramah Ustaz Khalid Basalamah masuk dalam daftar salah satu dari 12 ustaz diduga menganut aliran Wahabi. Daftar tersebut diunggah oleh akun X @kawalkyai.

"Wacana menutup ruang akses gerak kelompok Wahhabi di media sosial sangatlah penting untuk dilakukan oleh pemerintah. Karena ini merupakan strategi memutus akar dari “hulu ideologi radikal”," tulis akun tersebut pada keterangan gambarnya dilansir fajar.co.id, Rabu (28/2/2024).

Benarkah Ustaz Khalid Basalamah beraliran Wahabi?

Penceramah kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu pernah menjelaskan soal tudingan ini di kanal YouTube Lentera Islam pada 8 Agustus 2016 lalu.

Ustaz Khalid justru bingung banyak pihak yang menyebutnya beraliran Wahabi yang pertama kali ditemukan berada di Arab Saudi.

"Padahal, Arab Saudi merupakan pusat wilayah untuk belajar banyak tentang Sunnah Allah SWT," tuturnya.

Menurutnya, isu soal ajaran wahabi di Indonesia kerap kali disebarluaskan oleh mereka yang menganut aliran Syiah.

Paham Syiah, kata dia, hanya sedang mencari-cari kesalahan dari Ahli Sunnah.

"Subhanallah perilaku mereka (paham syiah) di Indonesia persis sekali seperti yang di Yaman sebelum terjadi perang pemerintahan. Jadi mereka di Yaman itu menggemparkan isu-isu yang tidak benar tentang ahli Sunnah dengan sama perkataan wahabi-wahabi, seakan-akan wahabi ini momok yang menakutkan," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

Ia menyayangkan masih ada banyak orang yang belum mengerti perbedaan wahabi dan syiah.

"Bahaya sekali, jadi wahabi yang sering dilempar-lemparkan. Dan saya tahunya itu sekarang istilah wahabi ini tidak ada yang lain selain itu," tandasnya. (*fajar/pp)

  • Bagikan