Hanya 4 Ketua Parpol di Sulsel Lolos ke Senayan di Pileg 2024, 14 Gagal

  • Bagikan
--ilustrasi-- raksul--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pertarungan menuju DPR RI pada Pemilihan Legislatif 2024, betul-betul ketat. Pada pertarungan ini, ketua-ketua partai politik turut 'bertarung'. Sayangnya, dari yang ikut, sebanyak 14 ketua partai di Sulsel gagal lolos ke parlemen. Yah, mereka gagal memanfaatkan mesin partai.

Dari 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024, hanya empat ketua partai yang berhasil terpilih ke DPRD. Pertama, Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu (RMS) yang kembali terpilih sebagai anggota DPR RI Dapil Sulsel 3.

Kedua, Ketua DPD PDIP Sulsel A Ridwan Wittiri (ARW) yang juga kembali terpilih sebagai anggota DPR RI Dapil Sulsel 1. Ketiga, Ketua DPD Gerindra Sulsel A Iwan Darmawan Aras (AIA) untuk Dapil Sulsel 2, dan keempat Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi di Dapil Sulsel 1.

Sementara 14 ketua parpol lainnya yang sebagian maju sebagai caleg DPR RI dan DPRD Sulsel semuanya gagal. Bahkan, beberapa yang petahana seperti Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad di Dapil Sulsel 9.

Kemudian Ketua Demokrat dan PPP yang merupakan legislator DPRD Sulsel, namun gagal saat bertarung di DPR RI. Ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah bertarung di Sulsel 2 dan Ketua PPP Sulsel Imam Fauzan di Dapil Sulsel 2.

Analis politik Unismuh, A Luhur Prianto menilai ketua-ketua partai yang tidak terpilih sebenarnya gagal memanfaatkan previlege sebagai pengendali mesin partai. Variabel kegagalannya beragam.

Secara umum, kegagalan itu tidak terlepas dari model pemilihan berbasis popular vote yang melahirkan sistem pemilihan berbiaya mahal. Ketua partai lama dan mapan (established) yang gagal, disamping soal strategi juga karena ketokohan dan sumber daya ekonomi politiknya dikalahkan oleh sesama kader internal partai.

Beberapa ketua partai juga gagal melakukan rekrutmen caleg vote-getter. Sehingga tidak terbantu meningkatkan dukungan suara partai. Sementara ketua-ketua partai baru yang gagal terpilih, umumnya mereka belum memiliki basis politik. "Kekuatan elektoralnya pun belum terukur," ucap Luhur.

Analis Politik Unhas, Prof Sukri Tamma menilai gagalnya ketua partai ini bisa jadi karena beberapa hal. Di antaranya karena tidak fokusnya pada pencalegkan dirinya.

Mereka sebagai ketua partai mengurusi banyak hal, misalnya terkait konsolidasi yang tidak hanya dilakukan di dapilnya saja, tetapi secara menyeluruh. Termasuk untuk pemenagan di Pilpres.

Kondisi itu membuat ketua partai tak masif seperti caleg lainnya turun melakukan sosialisasi atau kampanye di dapilnya.

“Tentu masyarakat lebih banyak memilih yang selalu melakukan komunikasi dan kedekatan,” katanya.

Dia menyebutkan para petahana yang juga sebagai pengurus tidak seinovatif para pendatang baru di partai mereka. Apalagi masyarakat dalam menentukan pilihan tidak lagi melihat partainya, tetapi sosok calon.

"Sosok ini yang dilihat siapa orangnya, tapi apa yang dia lakukan dan apa yang mereka akan lakukan (saat terpilih),” ujarnya.

Prof Sukri menyebutkan, gagalnya para pengurus partai apalagi dia berstatus petahana menjadi tanda tanya, karena kurang dipilih oleh masyarakat.

“Artinya kan ada kesenjangan bagi pengurus dan para pendatang baru dan ini menjadi catatan bagi pengurus,” tuturnya. (fjr/pp)

14 Ketua Parpol Gagal Terpilih:

  1. Ketua Golkar Sulsel, Taufan Pawe gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 2
  2. Ketua PPP Sulsel, Imam Fauzan gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 1
  3. Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 2
  4. Ketua PKS Sulsel Amri Arsyid gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 3
  5. Ketua Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 3
  6. Ketua PSI Sulsel, Muhammad Surya gagal terpilih DPR RI Sulsel 1
  7. Ketua Gelora Sulsel, Syamsari Kitta gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 1
  8. Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad gagal terpilih DPRD Sulsel
  9. Ketua PBB Sulsel, Badaruddin gagal terpilih DPRD Sulsel
  10. Ketua Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan gagal terpilih DPRD Sulsel
  11. Ketua Ummat Sulsel, Abd Hakim gagal terpilih DPRD Sulsel
  12. Ketua Buruh Sulsel, Akhamd Rianto gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel I
  13. Ketua PKN Sulsel, Rudi Juniawan gagal terpilih DPRD Sulsel
  14. Ketua Geruda Sulsel, Achmad gagal terpilih DPR RI Dapil Sulsel 1

Ketua Partai Terpilih

  1. Ketua PDIP Sulsel, A Ridwan Wittiri terpili DPR RI Dapil Sulsel 1
  2. Ketua PAN Sulsel, Ashabul Kahfi terpilih DPR RI Dapil Sulsel 1
  3. Ketua Gerindra Sulsel, A Iwan Darmawan Aras terpilih DPR RI Dapil Sulsel 2
  4. Ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse Mappasessu terpilih DPR RI Dapil Sulsel 3.

  • Bagikan