Ini Empat Figur Srikandi yang Masuk Bursa Pilgub Sulsel

  • Bagikan

Foto Searah jarum jam, Indah Putri Indrayani (Bupati Luwu Utara), Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham,mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Istri mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Liestiaty F. Nurdin. --kolase--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak hanya memunculkan tokoh-tokoh laki-laki. Tapi, ada beberapa figur perempuan yang juga punya potensi untuk bertarung pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Tercatat, ada empat figur perempuan di Sulsel masuk dalam bursa calon wakil gubernur (Cawagub) potensial pada Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

Empat figur perempuan tersebut yakni, Indah Putri Indrayani (Bupati Luwu Utara), mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi. Kemudian istri mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Liestiaty F. Nurdin dan istri mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, Aliyah Mustika Ilham.

"Yah, nama-nama ini kemungkinan yang akan menghiasi bakal calon wakil gubernur yang akan dipinang oleh calon Gubernur Sulsel mendatang," ungkap CEO ARCHI Research And Strategy Indonesia Mukhradis Hadi Jaya seperti dikutip dari rakyat sulsel.

Empat figur perempuan tersebut menurutnya, terpotret oleh lembaga ARCHI. "Jadi nama-nama itu yang masuk dalam hasil survei kami," jelasnya.

Diketahui, Indah Putri Indriani telah meraih beberapa penghargaan atas kinerjanya sebagai kepala daerah.

Selain itu, ia juga bersuami, Muhammad Fauzi, yang menjabat sebagai anggota DPR RI (2019-2024) dan Pengurus DPP Partai Golkar Luwu Utara (2019-2024).

Selama menjabat, Indah Putri Indriani aktif dalam berbagai inisiatif dan memperoleh penghargaan seperti Kabupaten Cukup Predikat HAM dari Menteri Hukum & HAM RI (2018) dan Predikat Kepatuhan Tinggi 2019 terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman (2019).

Adapun Fatmawati Rusdi merupakan istri dari Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse. Fatmawati Rusdi yang juga mantan wakil wali Kota Makassar yang dinyatakan lolos sebagai Anggota DPR RI.

Sebagai Wakil Bendahara DPP Partai NasDem, Fatmawati Rusdi juga memiliki modal kuat maju di Pilgub Sulsel 2024. Lantaran partainya memiliki 17 kursi DPRD Sulsel sehingga bisa mengusung penuh.

Selain daripada calon Wakil Gubernur Sulsel, Archi Research And Strategy Indonesia juga memaparkan beberapa figur Calon Gubernur Sulsel yang berpotensi bertarung pada Pilgub 2024 mendatang.

"Memungkinkan calon Gubernur laki-laki dan wakil gubernur perempuan, karena identifikasi kami menguat jadi calon Gubernur ada nama Fadil Imran, Petahana Andi Sudirman Sulaiman, politisi senior dari Golkar Nurdin Halid, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, mantan Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin (Aco). Dan terakhir ada nama Ketua Kadin Sulsel, Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras yang menguat dan akan diusung oleh Partai Gerindra," tandas Mukhradis Hadi Jaya. (rs/pp)

  • Bagikan