Pemilihan Rektor UNM Diulang, Dianulir Kemendikbudristek, Berikut Jadwalnya

  • Bagikan

Kampus UNM Makassar. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--
Pemilihan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) akan diulang. Itu setelah dianulir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Senat UNM pun terpaksa akan melakukan pemilihan ulang Rektor UNM periode 2024-2028.

Rencananya, pemilihan ulang akan berlangsung Kamis, 4 April 2024, besok. Pemilihan ulang akan diawali dengan pemaparan visi-misi lima bakal calon di Menara Pinisi, Rabu, 3 April 2024.

Pemilihan ulang dilakukan berdasarkan rekomendasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Nomor 0320/I/KP.05.02/2024 tertanggal 28 Maret 2024. Surat itu menganulir hasil pemilihan Rektor yang digelar Februari lalu dan memerintahkan Senat UNM untuk melakukan penyaringan ulang.

Ketua panitia pemilihan Rektor UNM, Prof Dr Hamsu Gani membenarkan pemilihan ulang tersebut.

“Tadi saya diberi amanah senat sebagai panitia, sudah rapat senat menjelaskan surat dari Kemendikbud menyampaikan proses tetap berlanjut tapi visi misi diulang kembali,” katanya, seperti dilansir ujungjari (group palopopos).

Hamsu Abdul Gani mengatakan, Kemendikbudristek merekomendasikan pemungutan suara ulang demi harmonisasi antar calon.

“Alasan kementerian demi harmonisasi UNM. Kementerian bilang kita sayang UNM, tapi ada masukan dari calon lalu seperti ini bunyinya maka kementerian instruksikan visi misi dan pemungutan suara diulang supaya harmonis,” kata Hamsu Gani.

Lima bakal calon rektor kembali akan menyampaikan visi-misinya Rabu, 3 April 2024. Kelima kandidat itu adalah Prof Dr Hasnawi Haris, Prof Dr Karta Jayadi, Prof Dr Hasmyati, Prof Dr Ichsan Ali, dan Prof Dr Eko Hadsudjiono. (uj/pp)

  • Bagikan