Dua Jenderal Polri Petahana tidak Lolos dalam Kontestasi Pileg DPR RI 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Pileg DPR RI 2024, lalu, menyisakan banyak drama. Salah satunya bagi para petahana mantan jenderal Polri.

Dari 4 orang petahana jenderal Polri yang ikut dalam Pileg 2024, di antaranya Komjen Pol (P) Adang D Dapil DKI 1 partai PKS, Komjen Pol (P) Muhammad Nurdin Dapil Jabar 9 Partai PDIP, Irjen Pol (P) Safarudin Dapil Kaltim partai PDIP dan Irjen Pol (P) Jacky Uli Dapil NTT 2 Partai Nasdem.

Hanya ada 2 petahana yang lolos kembali ke Senayan untuk Periode 2024-2029, adalah Komjen Pol (P) Adang D, dan Irjen Pol (P) Safarudin dari Kaltim.

Sementara dua petahana lagi, Irjen Pol (P) Jacky Uli Dapil NTT 2 dari Partai Nasdem dan Komjen Pol (P) Muhammad Nurdin Dapil Jabar 9 Partai PDIP belum berhasil kembali ke Senayan.

Ada yang keluar ada juga yang baru masuk. Salah satu pendatang baru purnawirawan jenderal polri adalah Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang dari Dapil Sulsel 3 Partai Demokrat dengan suara Partai Demokrat 158.373 suara urutan ke 4 dari 7 perolehan kursi dimana Partai Nasdem urutan pertama disusul Partai Gerindra dan Golkar.

Dengan kekuatan Polri di DPR semakin berkurang ke depan yang hanya menyisakan 3 orang, namun Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang tentunya tetap optimis bisa memberikan kontribusi maksimal untuk bangsa, negara, masyarakat, dan partai.

JFK sapaan akrab Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang, akan bekerja sama dan berkoordinasi sehingga penegakan hukum dan keamanan ke depan bisa dipertahankan dan semoga lebih baik lagi dari sebelumnya, sekalipun jumlah Jenderal Polisi berkurang satu orang, demikian JFK kepada media, Sabtu 27 April 2024.

"Hukum dan keamanan memang menjadi dasar bagi setiap Individu dan sekelompok orang baik dalam pemerintahan maupun dalam dunia usaha Karena tanpa keamanan niscaya akan berhasil," ujar JFK yang jabatan terakhir sebagai Deputi Kebijakan dan Strategi BAKAMLA RI.

Tak lupa juga JFK mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Mas AHY sebagai Ketum Partai Demokrat yang sekaligus sebagai Menteri ATR / BPN yang sudah memberikan saya kesempatan melalui Partai Demokrat untuk bisa menyampaikan Aspirasi Politik di DPR RI sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat pada umumnya khususnya di Dapil saya Dapil Sulawesi Selatan 3 dapat terealisasi dengan baik.

Selepas dari dinas di Kepolisian, JFK saat ini mengelola beberapa perusahaan tambang dan peternakan untukmenjaga konstituen di Dapil sehingga jaringan tetap tergalang selama ini, demikian JFK mengakhiri kepada media ini. (idr)

Tabel

DAFTAR DERETAN PURNAWIRAWAN TNI DAN POLRI
YANG LOLOS KE DPR RI TAHUN 2024-2029

PARTAI PDI-P

  1. Mayjen (Purn) T. B. Hasanuddin, S.E, M.M (Dapil Jabar IX)
  2. Irjen Pol (Purn) Drs H. Safaruddin M.I.Kom (Dapil Kalimantan Timur)
  3. Mayjen TNI (Purn) Sturman Panjaitan S.H. (Dapil Kepulauan Riau)

PARTAI PKS

  1. Komjen Pol (Purn) Drs H. Adang Dardjatun (Dapil DKI Jakarta III)

PARTAI DEMOKRAT

  1. Irjen Pol (Purn) Drs. Frederik Kalalembang (Dapil Sulawesi Selatan III)
  2. Kol. Chb. (Purn) Drs. H. Guntur Sasono, M.Si (Dapil Jawa Timur VIII)
  • Bagikan