Perang Mental! Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 2024, Shin Tae Yong: Tim Kami Sedang Baik-baiknya

  • Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae Yong bersalaman dengan pelatih Uzbekistan U23, Timur Kapadze dalam konferensi pers jelang semifinal Piala Asia U23 2024. (the-afc.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DOHA-- Catatan sejarah ada di depan mata bagi timnas Indonesa U-23. Jika mampu melabrak Timnas Uzbekistan nanti malam di semifinal Piala Asia U-23, maka sejarah manis pun ditorehkan!

Duel Indonesia vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U23 2024 yang akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin 29 April 2024 mulai pukul 22.00 Wita, adalah perang mental.

Dan, pertandingan ini bagi warga Palopo, bisa ikut menonton bareng di kantor Wali Kota Palopo tepatnya di ruang Ratona. Pagelaran nonton bareng ini, diinisiasi Pemkot Palopo dan Polres Palopo.

Kedua pelatih pun sepakat menyebut laga ini tidak hanya tentang kualitas skuad, tapi lebih kepada perang mental.

Menariknya, baik Shin Tae Yong (pelatih Indonesia U23) maupun Timur Kapadze (pelatih Uzbekistan U23) mengklaim kalau pasukannya sama-sama dalam kondisi mental sangat baik.

Timnas Indonesia U23 sendiri berharap bisa menciptakan lebih banyak sejarah di Piala Asia U23 2024 Qatar.

Tim debutan ini sudah banyak membuat kejutan di Qatar, lolos ke babak gugur dengan mengorbankan Australia dan Yordania sebelum menyingkirkan favorit juara, Korea Selatan.

Namun, di semifinal akan menghadapi Uzbekistan, dianggap sebagai tantangan terbesar Garuda Muda.

Shin Tae Yong mengakui kualitas Uzbekistan, setelah menyaksikan langsung bagaimana anak asuh Timur Kapadze menyingkirkan sang juara bertahan, Arab Saudi U23 di perempat final.

"Saya pergi ke stadion untuk pertandingan Uzbekistan vs Arab Saudi dan melihat sendiri bahwa Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus - stabil, terorganisir, dan disiplin," kata Shin Tae-yong, dikutip Pojoksatu.id dari laman resmi AFC, Minggu.

"Setelah menonton mereka, saya melihat mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kebobolan. Hal utama adalah transisi cepat mereka - baik menyerang maupun bertahan, membuat mereka salah satu tim terkuat dalam kompetisi ini."

"Ini tidak akan mudah di babak semifinal tetapi kami dalam kondisi bagus, jadi mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil yang baik."

Meskipun memiliki satu hari tambahan untuk pulih setelah kemenangan perempat final melawan Republik Korea, Shin tidak melihatnya sebagai keuntungan signifikan.

Menurutnya, Rizky Ridho cum suis tidak lebih bugar dari Husain Norchaev dkk karena Garuda Muda bertanding hingga adu penalti untuk memulangkan Korea.

Mantan pelatih Korsel di Piala Dunia FIFA 2018 itu menilai bahwa kekuatan mental akan memiliki dampak yang lebih signifikan pada laga besok malam.

"Sebelum kami memulai melawan Korea, saya pikir jika kami berhasil mencapai tahap berikutnya, kami akan memiliki keuntungan karena kami memiliki satu hari istirahat tambahan."

"Namun, karena kami terlibat penuh dalam pertandingan itu, kami tidak bisa mengatakan bahwa satu hari ekstra membuat perbedaan besar dan kami juga tidak bisa mengabaikan tingkat kebugaran Uzbekistan. Tetapi pada tahap kompetisi ini, sisi mental juga memainkan peran besar."

Adapun Uzbekistan, menembus babak semifinal sebagai satu-satunya tim dengan rekor sempurna empat kemenangan di Qatar 2024 dan belum kebobolan sekalipun.

Dengan setidaknya 10 pemain berbeda yang telah mencetak gol, Kapadze memiliki berbagai pilihan serangan yang membuat mereka menjadi favorit kuat untuk mencapai final ketiga dalam empat edisi.

"Kami senang telah mencapai babak ini, kami akan memiliki pertandingan sulit besok tetapi kami akan siap," kata Kapadze.

"Setiap pertandingan sulit bagi kami, terutama yang terakhir melawan Arab Saudi."

"Besok adalah pertandingan lain dan kami bekerja seperti biasa. Kami memiliki strategi kami untuk Indonesia dan kami akan mencoba menerapkannya dalam pertandingan."

Seperti halnya Shin Tae Yong, Kapadze juga mengklaim anak asuhnya punya mental bagus.

Bahkan mereka tidak akan terpengaruh dengan riuh stadion yang selalu dipenuhi suporter Timnas Indonesia U23.

"Stadion yang dipenuhi oleh suporter Indonesia tidak akan berdampak pada kami karena kami memiliki pengalaman bermain di depan kerumunan besar," tegas Kapadze.(ps/pp)

  • Bagikan