Semifinal Liga Champions: Bayern Munchen vs Real Madrid, Pembuktian Sang Raksasa Eropa

  • Bagikan

Bayern Munchen dan Real Madrid akan melakoni leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Munich. (Foto: Premiumtimesng)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Bakal heboh! Dua raksasa Eropa, Bayern Munchen dan Real Madrid, akan bertarung memperebutkan tiket ke final Liga Champions.

Duel yang diprediksi seru dan sengit di semifinal leg pertama ini akan digelar di Allianz Arena, Munich, Rabu dini hari, 1 Mei 2024 Wita.

Menarik, karena duel ini merupakan pertemuan kedelapan bagi kedua tim di babak semifinal Liga Champions/ Piala Eropa. Terbanyak dibandingkan tim lainnya.

Bayern ke semifinal Piala Eropa/ Liga Champions untuk ke-21 kalinya, dan ke-13 di era Liga Champions.

Hanya satu tim yang bisa melampaui angka tersebut, yakni Real Madrid. Tim yang kini dilatih Carlo Ancelotti telah mencapai tahap ini untuk ke-33 kali. Penampilan mereka ke-17 di empat besar Liga Champions juga belum tertandingi.

Madrid tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir mereka, yang semuanya terjadi di fase sistem gugur Liga Champions. Sementara Bayern sukses dalam empat dari tujuh pertandingan empat besar sebelumnya.

Pada laga semifinal, sang juara bertahan Bundesliga Jerman Bayern Munchen ingin membalaskan dendam kekalahan mereka di final Liga Champions 2018 lalu.

Sedangkan sang raja Eropa dengan 14 gelar Real Madrid ingin mempertahankan dominasi mereka di kompetisi ini.

Kedua tim tersebut terkenal dengan gaya bermain menyerang yang menghibur. Musim ini, mereka telah menunjukkan ketangguhan lini pertahanan.

Bayern yang kini diasuh pelatih Thomas Tuchel harus bekerja keras membalikkan keadaan di babak 16 besar saat menjamu Lazio, kemudian mengalahkan Arsenal di Munich setelah menahan The Gunners di leg pertama.

Pertandingan terakhir di Bundesliga sebelum semifinal Liga Champions, pada Sabtu (27/4/2024) malam WIB di Allianz Arena, Bayern menang 2-1 atas Eintracht Frankfurt berkat dua gol Harry Kane.

Di sisi lain, Real Madrid harus menahan gempuran Leipzig untuk mencapai perempatfinal, dan menahan tekanan Manchester City sebelum menang adu penalti untuk menyingkirkan sang juara bertahan itu dari Liga Champions.

Pertandingan La Liga Spanyol terakhir sebelum berlaga di semifinal Liga Champions, dilakoni Madrid pada Sabtu (27/4/2024) dini hari WIB di Stadion Anoeta, ketika menang tipis 1-0 atas Real Sociedad lewat gol Arda Guler menit ke-29.

Pelatih Bayern Munchen Thomas Tuchel meyakini bahwa bermain di kandang sendiri dengan dukungan penuh suporter akan menjadi keuntungan besar bagi tim asuhannya.

"Bermain di depan suporter sendiri selalu lebih baik," tegas Tuchel. "Setiap tekel dan aksi bagus akan mendapatkan dukungan. Dukungan itu akan meningkatkan semangat dan memberi kami tenaga tambahan," tambahnya.

Menurutnya, ini adalah semifinal dan semua orang harus meningkatkan permainan. "Kami perlu meningkatkan permainan dan para suporter perlu memberikan dukungan mereka lagi," imbuhnya.

Sedangkan Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti menekankan pentingnya mentalitas pantang menyerah yang dimiliki pemainnya. Sikap dan komitmen itu telah ditunjukkan mereka di perempat final ketika mengalahkan Manchester City.

"Ini adalah kompetisi yang sangat istimewa bagi kami dan kami selalu memberikan sesuatu yang tidak terduga. Semua orang mengesampingkan kami, tetapi kami masih di sini," tambahnya.(*/jp)

Prediksi Susunan Pemain Bayern Munchen vs Real Madrid di Semifinal Liga Champions

Bayern: Neuer; Kimmich, Dier, De Ligt, Mazraoui; Laimer, Goretzka; Sané, Musala, Guerreiro; Kane.

Real Madrid: Lunin; Carvajal, Nacho, Rudiger, Mendy; Valverde, Camavinga, Kroos; Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior. 

  • Bagikan