Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23: Ayo Tekuk Irak!

  • Bagikan


Skuad Indonesia di Piala Asia U-23. (Dok. AFC)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DOHA-- Laga maha penting akan dilakoni Timnas U-23 Indonesia. Skuad Garuda Muda akan melawan Irak dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Duel yang diprediksi bakal berlangsung seru dan sengit ini, akan dilaksanakan di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis, 2 Mei 2024 mulai pukul 23.30 Wita.

Indonesia, tentu sangat diimpikan untuk memenangkan duel tersebut. Karena, pemenangnya, akan menghantarkan untuk bertanding dalam Olimpiade Paris 2024.

Sebelumya, Indonesia harus gagal ke Final Piala Asia U-23 setelah ditekuk Uzbekistan dengan skor 2-0.

Gol terjadi di babak kedua tepatnya di menit ke-68 lewat gol Noorchaev dan gol bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-85.

Kekalahan Indonesia ini bahkan mendapat sorotan dari media Perancis, AFP dengan judul artikel "Indonesia wait for Olympic football goes on after Uzbekistan defeat".

Dalam media tersebut dipaparkan bahwa jika Indonesia menang dan melaju ke Olimpiade Paris 2024, maka ini menjadi Olimpiade pertama dalam hampir tujuh dekade terakhir bagi skuad Merah Putih

"Jika Indonesia menang, mereka akan bermain sepak bola di Olimpiade untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh dekade, sejak Uni Soviet menyingkirkan mereka dari Olimpiade 1956 di Melbourne," muat laman tersebut, dikutip Selasa, 30 April 2024.

"Harapan Indonesia untuk lolos secara dramatis meningkat setelah mengalahkan kekuatan besar Asia, Korea Selatan, pekan lalu," muatnya lagi.

"Adalah pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, yang memimpin Indonesia meraih kemenangan untuk mencegah negara asalnya lolos ke Olimpiade untuk pertama kalinya sejak tahun 1980-an," tutup laman itu.

Lalu, bagaimana Head to Head Indonesia U-23 vs Irak U-23?

Pada Asian Games 2006, Timnas U-23 pernah melawan Irak dengan hasil yang mengecewakan.

Saat itu, Indonesia kalah dengan skor akhir 0-6 di Al-Ahli Stadium, Doha, Qatar.

Sebanyak tiga gol yang tercipta pada babak pertama yakni oleh Jassim (18'), Abid Ali (24'), dan Karim (36'). Sementara pada babak kedua, tiga gol tambahan kembali terjadi oleh Karim (63'), Mansour (82'), dan Reheman (89').

Hasil akhir dalam grup B menunjukkan Indonesia berada di posisi paling bawah dengan skor 1 yang didapat setelah berhasil seri melawan Singapura.

Sedangkan Irak berada di posisi puncak dengan tujuh poin pasca mampu membantai Indonesia dan Singapura serta seri melawan Syria.

Meski begitu, Ilham Rio Fahmi, bek kanan tim nasional Indonesia U-23, percaya bahwa timnya bisa memenangkan pertandingan melawan Irak untuk merebut peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024.

Meskipun kalah dari Uzbekistan di semifinal, Rio yakin bahwa mereka siap memberikan yang terbaik.

“Kami berjanji kepada masyarakat bisa menang besok. Saya juga yakin kami semua sudah berkembang bagus karena sering berlatih bersama,” ucap Rio pada konferensi pers sebelum pertandingan seperti dipantau dari Jakarta melalui tayangan langsung.

“Jika kami lolos ke Olimpiade, kami tentu saja bisa membuat masyarakat Indonesia bangga, dan ini juga jadi sejarah bagi Indonesia. Agar itu terjadi, kami harus memberikan yang terbaik di laga besok, Insya Allah,” bebernya.

Pemain Persija ini menyebut ia dan rekan-rekan setimnya telah belajar mengatasi rasa gugup yang masih mereka derita saat bermain melawan Uzbekistan.

Khusus untuk sektor lini pertahanan, Rizky Ridho merupakan sosok pemimpin di lini pertahanan dan menjadi salah satu pemain paling senior di skuad.

Absennya pemain ini tentunya membuat sang pelatih Shin Tae Yong harus mengubah susunan pemainnya di lini belakang.

Shin Tae-yong kemungkinan akan memainkan trio bek tengah Komang Teguh, Muhammad Ferarri dan Justin Hubner guna mengawal sektor pertahanan.

Trio bek ini tentunya tidak kalah kuat. Sebab, Muhammad Ferrari dan Justin Hubner sendiri merupakan pemain yang sering mengawal lini pertahanan bersama Rizky Ridho.

Sementara untuk Komang Teguh juga beberapa kali menjadi andalan timnas Indonesia U-23 di beberapa laga timnas Indonesia, baik sebagai pemain pengganti ataupun starting line-up.

Bahkan untuk ajang ini sendiri, Komang Teguh juga tidak kalah produktif. Tercatat sejauh ini ia sudah mencetak dua gol melalui sundulannya.

Pelatih Irak, Radhi Shenaishil, mengakui bahwa timnas U23 Indonesia mempunyai kualitas bagus.

Walau demikian, Shenaishil tetap memupuk keyakinan Irak dapat mengalahkan timnas U23 Indonesia.

“Kamu tahu Indonesia adalah tim yang sulit dikalahkan. Indonesia termasuk empat tim teratas karena tampil bagus di fase grup,” kata Shenaishil, dikutip dari laman resmi AFC.

“Namun, kami berharap bisa bermain melawan timnas Indonesia dan memetik kemenangan,” lanjut pelatih Al-Zawraa itu.

Prediksi susunan pemain timnas Indonesia vs Irak Timnas U23

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Justin Hubner; Ilham Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Pelatih: Shin Tae Yong

Irak U-23 (4-2-3-1): Hussein Hasan; Ahmed Reeshawee, Josef Baiz, Zaid Tahseen, Mustafa Saadoun; Muntadher Maslookhi, Hussein Rikabi; Nihad Watifi, Mohammed Ali, Ali Jasim; Amin Al-Hamawi

Pelatih: Radhi Shenaishil (*/fjr/net/pp)

Timnas Irak U-23 Vs Timnas Indonesia U-23

Perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024

Abdullah bin Khalifa Stadium, DohaHari: Kamis, 2 Mei 2024
Kick-off: pukul 23.30 Wita
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: RCTI+, Vision+

  • Bagikan