Membanggakan! SMAN 5 Palopo Berhasil Loloskan 10 Peserta Didik Lewat Jalur Prestasi di PTN Terkenal

  • Bagikan

Suasana Tudang Sipulung di SMAN 5 Palopo dalam rangka pengumuman siswa yang tamat tahun ajaran 2023/2024, Senin, 6 Mei 2024. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Palopo semakin membanggakan. Prestasi demi prestasi terus diraih. 

Pada tahun ini, SMAN 5 Palopo berhasil meloloskan 10 siswanya ke perguruan tinggi negeri ternama yang ada di Indonesia lewat jalur prestasi. Ini meningkat tajam dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mampu meloloskan tidak lebih dari dua.

Perguruan Tinggi Negeri yang mereka lolosi di antaranya Universitas Negeri Malang, Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), Politekes Makassar,  UIN Makassar, IAIN Palopo, dan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMAN 5 Palopo, Muhammad Arsyad, S.Pd saat  pengumuman kelulusan SMAN 5 Palopo, Senin, 6 Mei 2024, keberhasilan itu tidak terlepas dari kerja keras guru, orang tua siswa, dan siswa itu sendiri.

Disampaikan, tidak hanya itu keberhasilannya. Tapi, tahun ajaran 2023/2024, siswa SMAN 5 juga berhasil mencatat prestasi di bidang akademik lainnya yakni, mampu meloloskan siswanya tingkat Kota Palopo di bidang OSN Biologi dan Fisika. Mereka adalah Sitti Aulia Ramadhani dan Najwa Ashilah Husain.

Yang paling membanggakan adalah beberapa siswa mereka juga berhasil meraih medali emas dan perak tingkat nasional seperti di bidang Kimia dan Biologi, yakni Siti Masyithah Nasywa M.

Sementara Bidang Bahasa Inggris yang meraih medali perak yakni Wafiqaini Putri. Untuk Bidang Kedokteran dan Sejarah yang meriah medali emas tingkat nasional yakni Nur Natasya Islamiyah.

''Kami cukup bangga dengan prestasi ini. Tapi, tentunya kita berharap bersama ke depan prestasi ini makin meningkat,'' katanya saat acara penamatan siswa dalam acara bertajuk Tudung Sipulung, Bergerak Bersama, Wujudkan SMAN 5 Palopo Semakin Maju,  Berkarakter, dan Berbudi Pekerti yang Luhur yang dihadiri orang tua siswa.

Dia menjelaskan bahwa siswa mereka betul-betul digembleng jasmani dan rohaninya. Ada penggemblengan karakter. Mereka didik sedemikian rupa termasuk kedisiplinan. Setiap saat mereka melaksanakan salat berjamaah. Kalau pagi salat dhuha dan setelah itu salat duhur  dan ashar secara berjamaah juga di sekolah.

''Sekarang, tidak adalagi siswa kami yang memanjat pagar. Mereka semua disiplin. Kami juga bekerjasama dengan Camat, Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas supaya siswanya  menjauhi perbuatan terlarang seperti terlibat narkoba dan lainnya,'' katanya.

''Insya Allah kita berusaha terus memajukan SMAN 5 Palopo dengan satu harapan bergandeng tangan bersama. Dan pada akhirnya, anak-anak kita bisa berhasil,'' pungkasnya.

Muhammad Arsyad membeberkan, bahwa pada tahun ajaran 2023/2024 mengikutkan 241 orang ujian sekolah. Dari kelas IPA ada 144 siswa dan IPS 97 siswa. Semuanya lulus.

Pada penamatan juga, diumumkan 10 siswa yang meraih nilai tertinggi dari kelas IPA dan Kelas IPS. Untuk kelas IPA peringkat pertama sampai sepuluh adalah, Najwa Ashilah Husain, Aisah Annisa Arrahimu, Aprillah Handayani, Raditya Hadi Prasetya, Alisya Maritza Setyawan, Athifa Maritza Setyawan, Nurradiatun Nisaa, Andi Alya Widyanti, Reiny  Nurfanisa, dan Andin.

Sementara dari kelompok IPS, peringkat pertama adalah, Tiara Diatrhi Windra Sari, Rahmadani, Rahma Rama Dhani Bachmid, Zaskia A.Paso, Nygta Cita, Muh Lutfi, Ainun Qalbuna, Nadia Sofwah Purnamasari, Ilfia, Alfadilla. (uce/pp)

  • Bagikan