Pj Wali Kota Palopo Launching Penggunaan Excavator Terbaru Dinas PUPR, Harianto: Alat yang Lama Sudah Berumur 18 Tahun

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Bertempat di halaman kantor Dinas PUPR Kota Palopo Selasa, 7 Mei 2024, Pj Wali kota Palopo Asrul Sani menghadiri acara launching excavator baru Dinas PUPR Kota Palopo.

Acara diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan laporan Kepala Dinas PUPR Kota Palopo Harianto, ST.

Pada laporannya, Harianto mengucapkan terima kasih kepada Pj. Wali kota dan Sekda Kota Palopo yang telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan alat berat excavator melalui Dinas PUPR.

"Excavator kami yang lama itu sudah berumur 18 tahun", terang Harianto.

"Disamping akselerasinya mulai turun, biaya perawatannya juga sudah sangat tinggi. Bahkan, dikondisi tanggap darurat tertentu, biasanya excavator yang lama tidak dapat digunakan karena dalam keadaan rusak. Kondisi ini tentunya membuat kami senantiasa was-was terutama pada saat musim hujan karena khawatir timbul situasi yang tidak kita inginkan. Sementara salah satu fungsi yang melekat pada Dinas PUPR adalah penyediaan sarana dan prasarana. Tentunya dengan kehadiran alat baru ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat dan juga dapat mendongkrak PAD Kota Palopo", kata Harianto.

Sementara itu Pj Walikota Palopo dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengadaan excavator ini sangat penting demi memperhatikan kondisi geografis kota Palopo. Bahkan Pj Walikota sedang menyusun proposal kepada Pj Gubernur Sulsel untuk permohonan alat berat jenis Wheel Loader.

"Semoga dengan adanya alat berat ini selain untuk menambah ketangguhan armada Dinas PUPR dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, juga dapat lebih bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan sosial", kunci Asrul Sani.

Ditemui disela acara, Sekretaris Dinas PUPR Ibnurus, ST yang juga selaku PPK pengadaan alat berat menjelaskan bahwa Excavator Kobelco SK 130 XDL-10 merupakan generasi terbaru karena dilengkapi dengan mode ECO baru yang mampu menghemat hingga 20% bahan bakar dari mode sebelumnya.

Keistimewaan dan keunggulan SK130XDL-10 dibanding produk lain adalah excavator ini sudah menggunakan desain dan teknologi generasi 10 yang lebih bertenaga dan lincah, namun tetap hemat bahan bakar.

Lebih lanjut Ibnurus menjelaskan bahwa pengadaan excavator ini dianggarkan melalui APBD Kota Palopo Tahun Anggaran 2024 melalui Dinas PUPR.

Setelah penyerahan simbolis kunci excavator dari Pj Walikota kepada Kadis PUPR, acara launching dilanjutkan dengan demo ketangguhan excavator yang disaksikan langsung oleh Pj Wali kota dan Sekda Kota Palopo beserta Kadis PUPR dan jajarannya.

Bahkan, Pj Wali kota Palopo terlihat ikut mencoba mengoperasikan excavator dan tentunya didampingi oleh tenaga operator terlatih dinas PUPR. (rls/pp)

  • Bagikan