dr Herman Jaya Bacalon Perseorangan Wali Kota Palopo, Sudah Kumpulkan 12 Ribu Lebih Dukungan Masyarakat, Ini Jumlah Dukungan Minimal yang Harus Disetorkan ke KPU

  • Bagikan
dr Herman Jaya. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Memasuki Minggu ke-3 Mei 2024, dr Herman Jaya dan tim sudah berhasil mengumpulkan syarat dukungan 12 ribu lebih dari masyarakat untuk maju jalur independen di Kota Palopo.

"Iye. Alhamdulillah. Sudah 12 ribu lebihmi. Dan, ini kita terus mencari dukungan lewat ktp," tandas dr Herman Jaya, kepada Palopo Pos, Selasa 7 Mei 2024.

Dukungan yang dikumpul tim dan relawan tersebar di 9 kecamatan se-Kota Palopo. Dukungan yang masuk riil sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo.

Bakal calon walikota dr Herman Jaya tidak ingin dukungan dari masyarakat asal-asalan. Istilahnya dukungan "gambo-gambo". "Tidak boleh begitu. Harus riil karena nanti saat di KPU mereka yang memberi dukungan akan diverifikasi faktual," ucapnya. "Jangan sampai satu yang bermasalah, bisa merusak yang lainnya," lanjutnya.

Makanya, lanjut dia, ia selalu menekankan kepada tim yang di lapangan bekerja selektif mengumpulkan dukungan dan memastikan warga benar-benar siap mendukung dr Herman Jaya di pilwalkot Palopo. "Karena untuk apa dukungan gambo-gambo. Kita ini mau serius bos," ucap dia sambil terkekeh dalam berbagai kesempatan dengan wartawan Palopo Pos.
Jufri, salah seorang tim dihubungi terpisah membenarkan sejauh ini dukungan KTP sudah mencapai 12 ribu lebih. "Pada Minggu ke-3 ini dari kita bekerja," ucap pengusaha yang juga alumni MTsN Kota Palopo ini.

Melihat kerja-kerja tim di lapangan, ia mengaku pihaknya cukup bersemangat karena mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat. Saat tahu mereka yang maju adalah dr Herman Jaya, warga yang didatangi langsung memberikan respon dan dukungan luar biasa.
"Jadi ada format, pernyataan dukungan, dan pernyataan identitas. Mereka langsung memberikan pernyataan identitas dan pernyataan dukungan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palopo, Irwandi Djumadi, dalam pengumumannya syarat dukungan jalur independen minimal 13.011. DPR terakhir Kota Palopo mencapai 130.107.
"Jumlah dukungan tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan," sebutnya.

KPU sendiri akan membuka pendaftaran bakal calon wali kota Palopo jalur perseorangan pada 5 Mei 2024 nanti.

Calon independen ini tentunya harus memenuhi persyaratan dengan mengumpulkan Syarat dukungan sebanyak 13.011 KTP.

“Jadi calon perseorangan wajib mengumpulkan minimal 10 persen dukungan dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) atau 13.011 Dukungan KTP,” ucapnya.

Kota Palopo sendiri memiliki 9 Kecamatan. "Untuk itu sebaran dukungan harus minimal 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada,” paparnya.(aryanto tanding)

  • Bagikan