Real Madrid vs Bayern, Los Blancos Diunggulkan Bertemu Dortmund di Final

  • Bagikan
Los Blancos Lolos ke Final-Realmadrid/Instagram-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Partai big match semifinal leg kedua Liga Champions 2023/2024 bakal berlangsung dinihari nanti, Kamis, 9 Mei 2024 mulai pukul 03.00 Wita.

Dua tim raksasa eropa akan saling jegal. Mereka adalah Real Madrid dari Spanyol versus Bayern Munchen (Liga Jerman). Kedua tim akan berlaga di Stadion Santiago Bernabeu.

Laga menentukan satu tiket final antara Madrid vs Bayern disiarkan langsung SCTV dan live streaming di Vidio.

Siapa menang? Superkomputer Opta menjadikan Real Madrid favorit untuk mencapai final Liga Champions UEFA yang ke-18, memberikan mereka peluang kemenangan sebesar 49,5 persen dalam 90 menit.

Madrid tidak terkalahkan dalam delapan pertemuan terakhir mereka di Liga Champions dengan Bayern Munchen (enam kemenangan, dua kali seri).

Real Madrid memenangkan enam dari tujuh pertemuan terakhir mereka melawan mereka di kandang (satu kali seri).

Sementara Carlo Ancelotti berupaya mencapai final Liga Champions keenam yang memperpanjang rekor, sedangkan Thomas Tuchel bisa menjadi pelatih pertama yang mencapai final dengan tiga klub berbeda.

Los Blancos tidak mendapatkan hasil maksimal di leg pertama pekan lalu melawan Bayern Munchen, yang berakhir imbang 2-2.

Madrid harus berterima kasih kepada Girona, karena Los Blancos berhasil meraih gelar domestik ke-36.

Sebuah rekor bersama Juventus di lima liga top Eropa, saat Girona mengalahkan Barcelona 4-2 tak lama setelah pasukan Carlo Ancelotti mengalahkan Cádiz 3-0 pada hari Sabtu.

Rahim Díaz dan Joselu bergabung dengan Jude Bellingham sebagai pencetak gol saat Ancelotti mengubah susunan pemainnya, sementara Vinícius, Rodrygo, Toni Kroos, Federico Valverde, Aurélien Tchouaméni dan Antonio Rudiger semuanya duduk di bangku cadangan dengan satu mata menatap leg kedua nanti.

Serta Federico Valverde, Aurelien Tchouaméni dan Antonio Rudiger semuanya duduk di bangku cadangan dengan satu mata menatap leg kedua nanti.

Vinícius mencetak dua gol minggu lalu , dan dia kini telah terlibat dalam 31 gol Liga Champions sejak awal musim kemenangan Madrid 2021-2022 (16 gol, 15 assist) lebih banyak dari pemain lainnya.

Ancelotti, yang memimpin Bayern meraih gelar Bundesliga dalam satu musim penuhnya di Bavaria pada 2016-2017, menegaskan statusnya sebagai raja sepak bola sistem gugur Eropa dengan mencapai final Liga Champions keenamnya.

Penghitungannya saat ini sebanyak lima sudah menjadi yang terbanyak dibandingkan manajer mana pun.

Sementara itu, lawannya Thomas Tuchel bisa menjadi pelatih pertama yang mencapai final dengan tiga tim berbed.

Setelah sebelumnya kalah dalam pertandingan final tahun 2020 melawan Paris Saint-Germain sebelum meraih kemenangan bersama Chelsea pada tahun 2021.

Tuchel menolak mengesampingkan perubahan dramatis pada masa depannya di Bayern pekan lalu, setelah Ralf Rangnick bergabung dengan Xabi Alonso dan Julian Nagelsmann yang menolak peluang untuk menggantikannya.

Penampilan buruk lainnya di Bundesliga tidak banyak berpengaruh pada peluang Tuchel untuk tetap memimpin pada hari Sabtu, ketika tim peringkat ketiga Stuttgart hanya terpaut dua poin dari Bayern dengan mengalahkan mereka 3-1.

Bayern tampil mengesankan setelah tertinggal di leg pertama, dengan Leroy Sané dan Harry Kane mencetak gol dalam waktu empat menit di babak kedua untuk membuat mereka unggul 2-1.

Sané melaju ke area penalti sebelum melewati Andriy Lunin untuk mencetak golnya.

Kini telah mencetak 11 gol di Liga Champions sejak awal 2021-2022 ( delapan gol, tiga assist) lebih banyak dari pemain lainnya.

Kane, sementara itu, menunjukkan ketenangan yang luar biasa untuk mengkonversi dari titik penalti setelah Lucas Vazquez melanggar Jamal Musiala, mencapai 29 gol di Liga Champions secara keseluruhan.

Gol berikutnya akan membuatnya menyamai Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa di Liga Champions .

Sementara 11 keterlibatannya dalam mencetak gol di kompetisi musim ini adalah yang terbanyak yang pernah dilakukan oleh pemain Inggris dalam satu musim.

Bayern memiliki beberapa masalah seleksi yang harus dihadapi menjelang pertandingan dengan Raphael Guerreiro absen karena cedera pergelangan kaki .

Seperti yang dialami Eric Dier dan Dayot Upamecano diragukan tampil setelah menderita cedera.

Head-to-Head Real Madrid vs Bayern Munchen

Los Blancos tidak terkalahkan dalam delapan pertemuan terakhir mereka di Liga Champions dengan Bayern (enam kemenangan, dua kali seri).

Sementara mereka juga telah memenangkan enam dari tujuh pertemuan terakhir mereka melawan Bayern di Bernabeu, dan satu kali seri lagi.

Bayern telah lolos dari empat dari tujuh pertandingan semifinal Piala Eropa/Liga Champions sebelumnya melawan Madrid.

Meskipun raksasa Spanyol tersebut telah memenangkan dua pertandingan terakhir pada musim 2013-14 dan 2017-18, serta memenangkan turnamen tersebut pada kedua kesempatan tersebut.

Jika Madrid lolos pada hari Rabu, ini akan menjadi pertama kalinya kedua tim berhasil mencapainya dari tiga pertandingan semifinal berturut-turut antar klub.

Bayern tidak pernah mencatatkan clean sheet dalam 16 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions melawan Madrid, rekor terpanjang mereka tanpa clean sheet versus klub mana pun di kompetisi ini.

Clean sheet terakhir mereka melawan Madrid terjadi pada leg pertama semifinal pada Mei 2001, yang dimenangkan tim Jerman tersebut dengan agregat 3-1 sebelum mengangkat trofi.

Sedangkan Ancelotti belum pernah kalah dalam sembilan pertemuan Liga Champions melawan Bayern, mencatatkan enam kemenangan dan tiga kali seri.

Ini adalah rekor terbanyak yang pernah dihadapi pelatih mana pun dan tetap tak terkalahkan dalam sejarah kompetisi.

Setelah kemenangan hari Sabtu atas Cadiz, Madrid tidak terkalahkan dalam 42 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. (dis/pp)

Susunan Pemain Real Madrid vs Bayern Munchen

Real Madrid (4-3-1-2):
Lunin; Mendy, Nacho, Rudiger, Carvajal; Kroos, Camavinga, Valverde; Bellingham; Vinicius Junior, Rodrygo.
Pelatih: Carlo Ancelotti.
Info skuad: Tchouameni (meragukan).

Bayern Munchen (4-2-3-1):
Neuer; Davies, Min-Jae, Upamecano, Kimmich; Goretzka, Laimer; Musiala, Muller, Sane; Kane.
Pelatih: Thomas Tuchel.
Info skuad: Buchmann (cedera), Sarr (cedera), Boey (cedera), Coman (cedera), Guerreiro (cedera), De Ligt (meragukan), Dier (meragukan).(***)

  • Bagikan