Survei IPI Pilgub Sulsel: Duet Andi Sudirman – Fatmawati Rusdi Menang Telak

  • Bagikan
Andi Sudirman - Fatmawati Rusdi duduk semeja, diduga di sebuah kafe di Makassar, Sulsel

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Persaingan menuju Gubernur Sulsel 2024 mendatang kini makin menghangat. Beberapa kandidat yang akan maju pun saling salib meraih dukungan.

Berdasarkan survei, bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan bercokol di posisi teratas survei calon Gubernur Sulawesi Selatan yang dilansir Indeks Politica Indonesia (IPI), Senin, 6 Mei 2024.

Survei IPI dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 29 April 2024 dengan responden atau populasi survei ini adalah warga negara yang punya hak pilih, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan dan bukan anggota TNI-Polri.

Tak hanya mengukur tingkat eleltabilitas pribadi, IPI juga turut mensimulasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel.

Hasilnya, jika Andi Sudirman Sulaiman disandingkan dengan Fatmawati Rusdi, pasangan ini memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 40 persen.

Namun jika mantan gubernur Sulsel itu diduetkan dengan Andi Mohammad Bau Sawa yang merupakan mantan Pangdam Hasanuddin, keduanya memperoleh angka lebih rendah sebesar 37,8 persen.

Selanjutnya Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto disimulasikan berpasangan dengan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengantongi poin 13,4 persen.

Sedangkan apabila Mohammad Ramdhan Pomanto berduet dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, angkanya terjun bebas pada angka 5,0 persen.

Sementara Fadil Imran-Mohammad Bau Sawa Mappanyukki 2.0 persen, Fadil Imran-Taufan Pawe: 6,8 persen.

Andi Iwan Aras-Andi Mohammad Bau Sawa: 4,5 persen, Ilham Arief Sirajuddin (IAS)-Adnan: 19,9 persen, IAS-Mohammad Bau Sawa: 10,2 persen, Rusdi Masse Mappasessu (RMS)-Amir Uskara: 21,9 persen, RMS-Adnan: 25,5 persen.

Direktur PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menjelaskan hasil survei terbaru dengan simulasi gubernur dan wakil gubernur ini menunjukkan Andi Sudirman tetap mendapat persentase tertinggi.

"Bahkan dipasangkan dengan siapapun, ASS memperoleh hasil tertinggi," tegas Suwadi.

Penarikan sampel dalam survei menggunakan multistage random sampling. Sampel berasal dari 24 kabupaten/kota yang terdistribusi proporsional.

Responden terpilih diwawancara tatap muka dengan margin of error sekitar 3,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei juga menemukan bahwa responden yang memilih Andi Sudirman Sulaiman lebih "setia" dibanding pemilih calon lain," pungkas Suwadi Idris Amir. (fjr/pp)

  • Bagikan