Tim DLHK Sulsel Bersihkan SD/MI di Suli

  • Bagikan

Tim Gabungan Dinas KLHK Provinsi Sulsel Selasa (7/5) membersihkan sarana pendidikan SMPN 1 Suli dari endapan lumpur tebal. --andrie islamuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SULI-- Bencana banjir disertai lumpur tebal di Kabupaten Luwu ikut menerjang sejumlah fasilitas pendidikan, sehingga siswa diliburkan. Selasa (7/5) Tim Gabungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dan Manggala Agni Daops Malili Balai PPI KLHK RI terjun memberikan bantuan pembersihan sekolah di SMPN 1 Suli.

Kepala Dinas LKH Propinsi Sulsel Ir Andi Hasbi, MT kepada Harian Palopo Pos Selasa (7/5) mengungkapkan,  pihaknya menerjunkan Tim gabungan berjumlah 25 orang untuk ikut ambil bagian dalam penanggulangan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Luwu.

"Bencana banjir dan longsor di Luwu merupakan bencana kemanusiaan yang menuntut kita bahu membahu untuk melakukan penanggulangan. Tim DLHK Propinsi Sulsel menerjunkan 25 orang untuk membantu masyarakat membersihkan fasilitas pendidikan, dalam hal ini SMPN 1 Suli dan MTs Suli," ungkap Andi Hasbi Nur.

Untuk mengoptimalkan pembersihan SMPN 1 Suli dan MTs Suli tim gabungan KLHK Provinsi Sulsel mengerahkan 1 unit mobil tangki, 1 unit mobil Triton, 1 mesin pompa waterhouse dan perlengkapannya serta 1 unit mesin pompa Robin dan kelengkapannya.

" Pembersihan sekolah ini perlu kita lakukan agar peserta didik bisa sekolah kembali. Pembersihan perlu dilakukan karena lumpur sangat tebal dan jika mengering dan dibiarkan begitu saja akan mengganggu kesehatan peserta didik yang bisa saja membuat mereka jatuh sakit," kata Andi Hasbi.

Kepala Dinas Pendidikan Luwu Andi Palanggi S.STP, M.Si mengatakan, pihaknya memberi apresiasi gotong royong untuk membersihkan sarana pendidikan yang dilaksanakan Dinas KLKH Sulsel dibantu jajaran Pemkab Luwu dan warga sekolah.

"Saat ini kita memang kekurangan tenaga untuk membersihkan fasilitas pendidikan karena banyak warga masih fokus membersihkan rumahnya. Alhamdulillah bantuan Tim gabungan DLHK Sulsel amat membantu agar siswa dapat segera sekolah kembali," kata Andi Palanggi. (andrie islamuddin)

  • Bagikan