Puskesmas Wara Selatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Jemaat Marannu

  • Bagikan
TIM medis Puskesmas Wara Selatan saat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Gereja Toraja Jemaat Marannu Palopo, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kamis 9 Mei 2024. --FOTO HERMAN/PALOPOPOS--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO--Dalam rangka meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat, serta pencegahan penyakit untuk menjadikan warga negara tetap produktif dan sehat, Puskesmas Wara Selatan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis di wilayah kerjanya. Kegiatan ini dilaksanakan di Gereja Toraja Jemaat Marannu Palopo, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kamis 9 Mei 2024.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi penimbangan berat badan, mengukur lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan kolesterol serta konsultasi kesehatan dengan dr. Mardiati, S.Ked yang hadir bersama tim yang berjumlah 8 orang.

Antusias warga Jemaat untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar oleh Puskesmas Wara Selatan ini, cukup baik yang diawali dengan pengambilan data diri (e-KTP).

Sembari melakukan pemeriksaan, tim medis Puskesmas Wara Selatan juga melakukan edukasi kepada warga Jemaat agar menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan dan juga rutin memeriksakan kesehatan.

Kepala Puskesmas Wara Selatan, Periyent Ba'ru, A.Md.PK.,SKM,MKM saat ditemui di sela-sela Pemeriksaan kesehatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan Pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

"Tujuannya itu adalah bagaimana kita usia produktif itu diperiksa kesehatannya dimana sesuai dengan standar SPM yang dipersyaratkan untuk kinerja dalam pelayanan kesehatan. Pemeriksaan penyakit tidak menular seperti diabetes, termasuk hipertensi,"jelas Periyent

Terkait Pemeriksaan ini, dilakukan agar supaya usia yang produktif ini seperti usia 15 tahun ke atas selalu produktif.

"Perhatian kita karena sekarang sudah banyak sekali penyakit tidak menular yang menjadi klien paling besar di rumah sakit termasuk di BPJS, ini terjadi karena kadang masyarakat kita mengakses pelayanan itu pada saat mereka sudah sakit bukan pada saat masih sehat.
Seperti contohnya orang yang sebenarnya sudah ada gejala diabetes tapi tidak pernah diperiksa tiba-tiba menjadi gagal ginjal,"terangnya.

Lebih lanjut, ini memang perlu diantisipasi karena diabetes itu sekarang bukan hanya orang tua yang kena tapi orang muda juga bisa kena jadi memang luar biasa. Jadi ini adalah program rutin dari Puskesmas Wara Selatan bagaimana menjangkau masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya. Saya kira itu yang utama supaya masyarakat juga punya kesadaran, jadi kita istilahnya jemput bola agar pencapaian kesehatan bisa semakin lebih maksimal.

Sementara itu Pdt. Carolina Gloria Lethulur, M.Th, selaku Pimpinan Majelis Gereja Toraja Jemaat Marannu Palopo, menyampaikan terima kasih kepada Dokter dan tim medis dari Puskesmas Wara Selatan
"Terima kasih kepada Dokter dan tim medis yang telah melaksanakan pengobatan gratis di Jemaat kami, kiranya ini menjadi edukasi bagi warga jemaat untuk rajin memeriksakan kesehatan,"ujar Pdt Carolina. (man)

  • Bagikan