iPhone dan Samsung Kuasai Smartphone Terlaris di Kuartal Pertama 2024

  • Bagikan

Ilustrasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Apple dan Samsung mendominasi daftar 10 besar smartphone terlaris pada Q1 2024. Kedua merek ini mendominasi daftar dan tidak membiarkan pabrikan Cina untuk masuk list.

Hal ini berdasarkan Global Monthly Handset Model Sales Tracker dari Counterpoint Research .

Ini adalah kali pertama di mana 10 smartphone di daftar tersebut berteknologi 5G. Selain itu, tren ke arah smartphone canggih juga terlihat jelas, dari 7 dari 10 smartphone teratas adalah smartphone tipe flasghip (harga $600 ke atas).

iPhone 15 Pro Max dari Apple menjadi smartphone terlaris pada Q1 2024. Khususnya, varian Pro Max meraih posisi teratas untuk pertama kalinya pada kuartal non-musiman Apple, hal ini membuat tren peningkatan preferensi konsumen terhadap smartphone flasghip. 

Keempat varian iPhone 15 dan iPhone 14 termasuk dalam 10 besar terlaris. Selanjutnya, jajaran iPhone 15 mengamankan tiga tempat teratas.

Meningkatnya popularitas jajaran Apple Pro terlihat jelas, karena mencakup setengah dari total penjualan Apple pada Q1 2024, peningkatan yang signifikan dari 24% pada Q1 2020. 

iPhone Pro telah menjadi pendorong pendapatan utama bagi Apple, berkontribusi lebih dari 60 persen dari nilai penjualannya pada Q1 2024. Jajaran produk Pro menawarkan peningkatan substansial dan penyempurnaan signifikan dibandingkan model iPhone biasa. 

Langkah strategis ini terbukti berhasil, karena konsumen bersedia membayar untuk fitur-fitur premium. Fitur-fitur jajaran Pro mencakup dynamic island yang inovatif, chipset yang lebih canggih, layar ultra-halus, sasis titanium, dan kamera telefoto. 

IPhone 15 Pro Max berkinerja baik meskipun mengalami kenaikan harga pertama sejak peluncuran seri Pro pada tahun 2019, menunjukkan keinginan konsumen terhadap fitur tambahan yang ditawarkan lini Pro.

Seri Samsung Galaxy S24 mengamankan dua tempat di 10 besar untuk Q1 2024, dengan varian Ultra berada di peringkat kelima dan varian dasar berada di peringkat kesembilan. Performa bagus dari seri S24 dapat dipengaruhi penyegaran awal seri S24 oleh Samsung, dan upayanya dalam teknologi AI generatif (GenAI) 

Seri S24 adalah yang pertama menjangkau pasar dengan fitur dan kemampuan GenAI, memungkinkan pengguna membuat konten unik dan merasakan tingkat interaksi baru dengan smartphone mereka.

Konsumen tetap menggunakan ponsel cerdas mereka untuk jangka waktu yang lebih lama karena peningkatan versi menawarkan diferensiasi fitur yang terbatas. 

Konsumen cenderung memilih smartphone tipe flasghip untuk memastikan perangkat mereka tetap relevan secara teknologi untuk jangka waktu yang lebih lama. 

"Kedepannya, kami memperkirakan 10 smartphone terlaris teratas akan memperoleh pangsa lebih besar dari total penjualan smartphone karena OEM berfokus pada portofolio yang lebih ramping dengan fitur-fitur premium, termasuk GenAI,"tulis Counterpoint Research. (fjr/pp)

  • Bagikan