Syaharuddin Alrif: Rakhmat Kasjim Juga Berpeluang Diusung Nasdem

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MAKASSAR-- Partai Nasdem belum memastikan siapa kader yang akan diusung untuk maju Pilkada Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Dua nama mencuat yang mengendarai Nasdem adalah Farida Kasim Judas dan Putri Dakka.

Baik Farid Judas maupun Putri Dakka, keduanya sesumbar diusung Nasdem yang punya 6 kursi di DPRD Palopo hasil Pileg 2024.

Dilanair Majesty.co.id, Sekretaris Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif mengatakan, sampai saat ini partainya belum menerbitkan surat rekomendasi untuk Farid Judas maupun Putri Dakka.

Syahar sapaan politikus asal Sidrap ini, menyebut satu nama lainnya yang berpeluang mengendarai Nasdem di Pilkada Palopo. Dia adalah Rahmat Kasjim yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Sulsel Fraksi Nasdem.

“Di Pilkada Palopo ada beberapa nama, tapi nanti akan kita bahas di tingkat wilayah,” kata Syahar saat ditemui di kantor DPRD Sulsel, Makassar, Selasa (21/5/2024).

Meski rapat pleno Nasdem Palopo telah menetapkan Farid Judas sebagai calon tunggal, namun Syahar menegaskan ketiga nama akan dibahas di DPW Nasdem Sulsel.

Mekanisme itu, kata Syahar, sesuai peraturan organisasi. Keputusan siapa kader yang diusung di Palopo, begitu juga daerah lain, tetap mempertimbangkan hasil survei.

“Di Palopo ada Farid dengan Putri Dakka, ada juga Rakhmat Kasjim. Tapi kita akan bahas di tingkat wilayah baru bahas ke tingkat pusat. Salah satu pertimbangannya pastilah merujuk survei,” jelas Syahar.

Hingga saat ini, belum ada lembaga survei nasional yang mengumumkan kepada publik mengenai elektabilitas kandidat Pilkada Palopo. Termasuk potret elektoral Farid Judas, Putri Dakka dan juga Rahmat Kasjim.

Selain itu, Syahar menambahkan bahwa partainya tidak menggelar uji kelaikan dan kepatutan terhadap calon usungan seperti yang dilakukan partai lain.

Kader maupun non-kader, akan dibahas di DPW Nasdem Sulsel kemudian ditentukan dalam rapat pleno oleh DPP Nasdem pada 1 Juni. Kata Syahar, DPP akan menerbitkan surat rekomendasi pada pertengahan Juni.

“Nanti tahapnya bulan Juli menjelang Agustus, keluar Surat Keputusan B1-KWK,” tandas Syahar yang juga jagoan Nasdem di Pilkada Sidrap. (ikh)

  • Bagikan