Kejar Kualitas, Fakultas Kedokteran UMB Palopo Kembali Buka Pendaftaran Gelombang Kedua

  • Bagikan

CAPTION Dari kiri ke kanan:
Ketua Program Studi Sarjana Kedokteran dijabat oleh dr.Muhammad Sidharta Krisna,Sp.U, Wakil Dekan II Bidang Sumberdaya dan Kerja Sama Prof.Dr.Ma’Rufi,M.Pd.,Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr.dr.Lelimiska Irmadani Syarif,M.Biomed, serta Dekan, dr.Asty Amalia,M.Med.Educ saat pelantikan pejabat Fakultas Kedokteran oleh Rektor UMB Palopo, Prof. Dr.Hj Nilawati Uly, S.Si,Apt, M.Kes,CIPA. pada 11 Mei, 2024 di Mega Buana Tower. --hms umb--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana (UMB) Palopo Kembali membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk gelombang kedua (Batch 2) pada Program Studi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter.

Pembukaan Batch 2 ini akan berlangsung 13 Mei hingga 15 Juni 2024 mendatang.

Disampaikan Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, MKes, CIPA. pada Jumat 24 Mei 2024 bahwa agenda PMB Fakultas Kedokteran tahun 2024 akan dibuka dalam 3 gelombang. Dimana gelombang pertama sudah dilakukan tes, pada 11 Mei, lalu dan hasilnya telah diumumkan pada 13 Mei 2024. Tes yang dilakukan yakni tes TPA yang berbasis komputer/computer based test (CBT) yang dilakukan oleh tim Fakultas Kedokteran Unhas, kemudian dilanjutkan dengan tes Wawancara yang timnya juga berasal dari Fakultas Kedokteran Unhas bersama tim Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo.

Tim seleksi dari Fakultas Kedokteran Unhas terdiri dari, Dekan, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Sc, SpPD-KGH, SpGK, FINASIM, Wakil Dekan 1, Prof. dr. Agussalim Bukhari, M.Clin. Med., Ph.D, Sp.GK(K), Wakil Dekan 2, dr. Firdaus, Ph.D, Wakil Dekan 3, Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, MKM, dan Dosen Fakultas Kedokeran Unhas, dr. Irwin Aras, M.Epid. Sementara Tim seleksi dari Fakultas Kedokteran UMB Palopo yakni Dekan, dr.Asty Amalia,M.Med.Educ, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr.dr.Lelimiska Irmadani Syarif,M.Biomed, Wakil Dekan II Bidang Sumberdaya dan Kerja Sama Prof.Dr.Ma’Rufi,M.Pd.

“Pendaftar untuk gelombang pertama sudah kita seleksi dan sudah dilakukan pengumuman, tentu ada yang tidak lolos, baik pada seleksi berkas hingga tes yang dilakukan oleh tim dari Universitas Hasanuddin,”ungkap Rektor.

Diungkapkan, bahwa peminat pada Batch 1 kemarin melampaui kuota yang ada. Diketahui kuota yang disiapkan untuk penerimaan perdana ini hanya sebanyak 50 orang.

“Kita kejar kualitas, artinya pendaftar harus betul betul siap dari berbagai aspek, terlebih ini adalah penerimaan perdana sehingga betul betul proses seleksi yang dilakukan sangatlah ketat, harapan kita melalui seleksi yang dilakukan di gelombang kedua ini kita dapatkan calon dokter yang siap di didik untuk menjadi lulusan berkualitas juga,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD-KGH, Sp.GK, M.Kes saat pelantikan pejabat Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo menyampaikan Bahwa kualitas tes masuk Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo sama dengan masuk di Fakultas Kedokteran Unhas. Hal itu ditunjukkan Prof Haerani dengan mengutus Stafnya untuk menjadi Dekan di Fakultas Kedokteran UMB Palopo yang akan membantu Fakultas Kedokteran UMB Palopo mendapatkan kualitas sama seperti Unhas.

“Khusus untuk FK UMB, kami menyerahkan salah satu staf kami untuk mendampingi FK UMB Palopo, harapan kami paling tidak, kami akan membina sampai UMB palopo menghasilkan satu lulusan dari FK UMB Palopo,” sebutnya.

“Khusus untuk FK UMB, kami menyerahkan salah satu staf kami untuk mendampingi FK UMB Palopo, harapan kami paling tidak, kami akan membina sampai UMB palopo menghasilkan satu lulusan dari FK UMB Palopo,” katanya.

Hal itu dilakukan lantaran pihaknya mengaku berbangga, sebab dari tiga tugas pendampingan pembukaan Fakultas Kedokteran yakni salah satunya UMB Palopo terbaik bahkan dari puluhan Perguruan Tinggi yang mengusulkan.

“Diantara yang kami bina ini, didepan LLDIKTI saya sampaikan bahwa percontohan saat ini yang menjadi percontohan nasional adalah FK UMB Palopo saat ini,”ungkapnya.

Diketahui, Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo resmi menerima mahasiswa baru tanggal 28 Februari 2024 lalu. Dibukanya Program Studi tersebut disambut antusias masyarakat, tidak hanya dari Luwu Raya saja, tapi dari luar Provinsi Sulawesi Selatan. Bukan tanpa alasan FK UMB Palopo menjadi salah satu pilihan untuk menempuh Pendidikan, selain karna lengkapnya sarana dan prasarana, juga karena biaya kuliah lebih hemat dengan lebih layanan Pendidikan yang ramah.

Untuk pendaftaran secara mandiri bisa Melalui : https://pmb.umegabuana.ac.id untuk informasi lengkap bisa menghubungi 081354832661. Adapun syarat pendaftaran Lulusan SMA/MA Jurusan IPA (3 Tahun Terakhir/Maks.2021/2022), Scan Ijazah, Transkrip & Raport SMA/MA Asli, Sehat Jasmani (Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah atau RS. Mega Buana Palopo), Tidak Buta Warna (Surat Keterangan dari Dokter Spesialis Mata), Bebas Narkoba (Surat Keterangan dari BNN), dan Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKCK) dari Kepolisian.(*/uce)

  • Bagikan