Ini 6 Dahsyatnya Rutin Mengonsumsi Jus Lemon, Salah Satunya Menghindari Batu Ginjal

  • Bagikan

Ilustrasi air lemon hangat di pagi hari Sumber foto: freepik/ atlascompany

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Tahukah kamu bahwa menambahkan perasan buah lemon pada masakan, ternyata memiliki manfaat yang sangat baik.

Hal ini dikarenakan, buah lemon adalah sumber vitamin C, serat larut, dan senyawa tanaman yang menawarkan banyak manfaat.

Selain itu, buah lemon juga bisa menjadi tambahan vitamin yang bagus untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Secara umum, buah lemon diketahui sangat bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Sementara dilansir dari Health Shots, Jumat (24/5), Dokter Neeti Sharma seorang Konsultan Nutrisi dan Diet Sehat di Rumah Sakit Marengo Asia, Gurugram, turut membagikan manfaat dari komsumsi jus lemon.

Berdasarkan penyampaian Dokter Neeti Sharma, inilah beberapa manfaat jus lemon perlu kamu ketahui.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Jus lemon mengandung khasiat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, sehingga membantu Anda menjaga berat badan yang sehat.

Meminumnya secara teratur jus lemon akan membantu Anda mengurangi asupan kalori.

Selain itu, jus lemon juga mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan yang bisa menjadi pilihan sehat untuk menggantikan berbagai minuman olahraga bergula dan jus yang sama sekali bukan pilihan sehat untuk tubuh Anda, jelas Dr Sharma.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Jus lemon merupakan buah jeruk dan merupakan sumber antioksidan yang baik, komponen penting untuk mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel yang berujung pada kanker.

  1. Menghindari Batu Ginjal

Jus lemon mengandung asam sitrat, yang mengandung garam yang disebut sitrat yang mengikat kalsium dan mencegah produksi batu.

Minum setengah cangkir jus lemon yang diencerkan dengan air secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal, menurut Harvard Health.

  1. Meningkatkan pencernaan

Jus lemon juga baik untuk sistem pencernaan. Mengandung asam sitrat, lemon telah terbukti meningkatkan sekresi asam lambung, yaitu cairan pencernaan yang diproduksi tubuh Anda di perut untuk membantunya memecah dan mencerna makanan.

  1. Mencegah anemia

Apakah Anda sering merasa lelah? Apakah Anda sering sesak napas? Ini semua adalah gejala anemia, yang disebabkan ketika sel darah merah tidak mampu menerima cukup oksigen dalam aliran darah.

Jus lemon mengandung vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi dan dapat membantu tubuh memulihkan zat besi.

Penelitian telah menemukan bahwa jus lemon dapat membantu mencegah anemia.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Lemon kaya akan serat, yang membantu mengontrol kadar kolesterol dan memungkinkan darah mengalir bebas ke arteri, sehingga mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa jus lemon kaya akan vitamin C, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. (jp/pp)

  • Bagikan