KETAT! Survei SMRC: Sudirman-Fatma 31,9 Persen, IAS-Adnan 31,2 Persen, Danny-AIA 9,7 Persen

  • Bagikan
Andi Sudirman Sulaiman - Fatmawati Rusdi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Persaingan untuk menakhodai Sulsel ke depan begitu ketat. Beberapa bakal calon yang sudah dipaketkan, tampak mendapat simpati masyarakat. Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research Centre (SMRC) yang digelar pada 24 April-5 Mei 2024 mengukur preferensi pemilih Sulawesi Selatan terkait Pemilihan Gubernur Sulsel yang bocor ke publik, antara balon selisih tipis.

Bocoran itu memotret elektabilitas petahana Andi Sudirman Sulaiman (ASS) yang berpasangan dengan politisi Nasdem Fatmawati Rusdi jika diperhadapkan dengan pasangan Danny Pomanto-Andi Iwan Darmawan Aras dan Ilham Arief Sirajuddin-Adnan Purichta Ichsan.

Berdasarkan simulasi tiga pasangan tersebut, Sudirman-Fatma meraih dukungan 31,9 persen, Ilham Arief Sirajuddin-Adnan Purichta Ichsan 31,2 persen, dan Danny Pomanto-Andi Iwan Darmawan Aras 9,7 persen.

Sementara massa yang masih mengambang sebesar 27,2 persen.

Konsultan SMRC, Rudi Kartasasmita yang coba dikonfirmasi terkait survei SMRC tersebut membenarkan lembaga survei nasional itu sudah melakukan survei pilgub di Sulsel baru-baru ini.

Meski begitu, Rudi memastikan SMRC belum terikat kerja sama dengan salah satu calon kontestan pilgub Sulsel 2024.

"Terkait hasil survei itu, disepakati untuk tidak dipublikasikan secara terbuka. Saya tidak bisa berkomentar lebih jauh soal ini," terang Rudi melalui pesan Whatsapp, Jumat 24 Mei 2024.

Diketahui, DPW NasDem Sulsel resmi mengusulkan nama Andi Sudirman Sulaiman (ASS) dan Fatmawati Rusdi sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel. Paket ini diusulkan ke DPP NasDem untuk direkomendasikan.

Usulan ini disepakati melalui rapat pleno yang dipimpin Rusdi Masse Mappasessu (RMs) selaku Ketua DPW DPW Sulsel.

"Untuk calon gubernur Andi Sudirman Sulaiman dan calon Wakil Gubernur Fatmawati Rusdi. Setuju," ujar RMS kemudian mengetuk palu sidang dalam Rapat Pleno tersebut, di Kantor NasDem, Jalan Metro Tanjung Bunga, Minggu, 26 Mei.

RMS mengatakan mengusulkan paket ini dengan berbagai pertimbangan. Dia membantah bahwa itu merupakan hasil pertemuan yang dilakukan dengan A Amran Sulaiman selaku kakak dari A Sudirman Sulaiman.

Dia mengatakan pertemuan dengan Amran hanya sebatas mitra yang dirinya sebagai Anggota DPR RI dan Amran Menteri Pertanian (Mentan). "Pertemuan saya dengan Amran karena hubungan mitra," ujarnya.

DPW kata dia berani mengusulkan karena NasDem kursinya cukup, 17 kursi. Sudah memenuhi syarat 20 persen untuk mendaftar di KPU.

Kemudian paket ini selalu tertinggi dalam survei. Meskidemikian, ia menekankan bahwa ini baru usulan ke DPP NasDem untuk selanjutnya diberikan rekomendasi. (*/fajar/pp)

  • Bagikan