Undang Gubernur Sulsel, Pemkab Kolaka, dan Kolut

  • Bagikan

* Hadiri Puncak HJL ke-754 di Belopa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA — Pemerintah Kabupaten Luwu selaku panitia Hari Jadi Luwu (HJL) ke-754 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-76 akan memusatkan puncak peringatan peristiwa penting tersebut di Ibukota Belopa pada Ahad siang (23/1/2022). Bertempat di Rumah Jabatan Bupati Luwu di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara.

“Puncak peringatan HJL ke-754 dan HPRL ke-76 ini akan dirangkaikan Peringatan Hari Jadi ke-16 Ibu Kota Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu. Kegiatan ini akan digelar Ahad siang karena kita akan menanti Bapak Plt Gubernur Sulsel yang akan hadir di Belopa menggunakan transportasi udara,” ungkap Asisten II Pemkab Luwu, Ahyar Kasim SH, MH selaku Ketua Panitia pelaksana HJL ke-754, HPRL ke-76 dan Hari Jadi Belopa ke-16.

Ahyar Kasim mengatakan, Pemkab Luwu selaku tuan rumah 3 peringatan hari besar diatas pada puncak peringatan disamping mengundang khusus Plt Gubernur Sulsel, juga mengundang beberapa kepala daerah tetangga termasuk Bupati Kolaka dan Kolaka Utara.

“Ada beberapa tamu kehormatan kepala daerah tetangga kita undang. Termasuk Bupati Kolaka dan Kolaka Utara (Kolut) sebagai tamu kehormatan. Sebagaimana kita ketahui bersama dalam sejarah tercatat daerah Kolaka dahulunya adalah bagian dari kedatuan Luwu di masa lampau,” kata Ahyar.

Mantan Sekwan DPRD Luwu ini mengatakan, di samping puncak peringatan HJL ke-754 dan HPRL ke-76 berupa upacara puncak yang didalamnya akan dibacakan sejarah singkat Tana Luwu, pula beberapa kegiatan akan dilaksanakan panitia pelaksana, diantaranya Pekan Budaya Sengerenna Luwu, eksebisi sepak bola antar daerah tetangga, serta Pasar Rakyat ekonomi kreatif.

“Untuk pekan budaya Sengerenna Luwu dan pasar rakyat akan dipusatkan di sekitaran Baruga Arung Senga di Jalur II Belopa,” kata Ahyar Kasim seraya mengatakan, puncak peringatan HJL ini dijadwalkan akan dihaidri pula Sri Paduka Datu Luwu dan perangkat Kedatuan Luwu.

Kabag Umum Setdakab Luwu, Imran S.Sos kepada Harian Palopo Pos Kamis kemarin mengatakan, khusus undangan pihak panitia masih sangat membatasi lantaran protkol kesehatan Covid-19.

“Panitia memang mengundang sejumlah Wija to Luwu, hanya sangat terbatas karena masih berlakunya PPKM. Beberapa Wija to Luwu yang kita undang yaitu Bapak Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat RI Mayor Jenderal TNI Dr Marga Taufiq, SH, MH, dan Anggota DPR RI Muh Dhevy Bijak Pawindu, ” kata Imran. (and/idr)

  • Bagikan