Cucu Raja Bone Jabat Pangdam Hasanuddin

  • Bagikan

* Gantikan Mayjen Mochamad Syafei yang Ditarik ke Unhan

MAKASSAR — Mutasi ditubuh TNI kembali bergulir. Kali ini, Panglima TNI Jendral Andika Perkasa mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.
Dalam keputusan jabatan itu, Jenderal Andika mengeluarkan SK bernomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022. Tertuang nomor Perwira Tinggi (Pati) TNI, ada nomor Panglima Kodam (Pangdam) yang dirotasi untuk menduduki jabatan baru.
Salah satunya, Mayjen Andi Muhammad sebagai Pangdam XIV Hasanuddin. Jenderal TNI bintang dua itu menggantikan Mayjen Mochamad Syafei Kasno, yang kini diangkat sebagai dosen tetap di Universitas Pertahanan (Unhan).
Menurut informasi, Mayjen Andi Muhammad sebelumnya simpan sebagai Panglima Divif 2 Kostrad.
Selain itu, Mayjen Andi Muhammad ini juga merupakan putra asli dari Sulawesi Selatan (Sulsel) tepatnya di Kabupaten Bone.
Tak hanya itu, beredar informasi bahwa Mayor Jenderal ini juga merupakan cucu langsung dari Raja Bone yang ke-32, Andi Mappanyukki. Hal itu juga tidak dibenarkan langsung oleh, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.
Menurut Fahsar, Andi Muhammad merupakan isi dari Bone. Karena Andi Mappanyukki salah satu raja yang kharismatik yang memiliki banyak kenangan yang luar biasa dengan terbangunnya masjid raya di Bone yang menjadi masjid terbesar pada zamannya.
Dijelaskannya lagi, bahwa Andi Mappanyukki merupakan seorang raja sekaligus menjadi Bupati Bone waktu itu. Dia pulalah yang memimpin raja-raja di Sulsel untuk bersatu dan bergabung dengan NKRI pada tahun 1950.
Mayjend Andi Muhammad ini adalah cucu langsung dan tulen 100 persen dari Andi Mappanyukki Raja Bone, kata Fahsar dalam keterangannya, Sabtu (22/1/2022).
Sekedar diketahui, Mayjen TNI Andi Muhammad merupakan lulusan Akmil 1988 ini dari kecabangan Infanteri. Seorang perwira tinggi TNI AD yang sejak 24 Maret 2021 mengemban amanat sebagai Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad.
Riwayat jabatannya, Mayjen Andi Muhammad pernah jadi Asintel Kasdam XII/Tanjungpura, Pamen Denma Mabesad, Komandan Korem 041/Garuda Emas (2016—2017), Irdam VI/Mulawarman (2017—2018), Irut Intel Itum Itjenad (2018—2019).
Kemudian Pa Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bidang Hubint Panglima TNI (2019), Staf Khusus Kasad (2019—2020), Kasdam XIV/Hasanuddin (2020—2021), dan Pangdivif 2/Kostrad (2021—2022).(idr)

  • Bagikan