Dispora Tampilkan Olahraga Tradisional

  • Bagikan

* Mulai Mallongga, Macukke, Mangngampang, hingga Lomba Bakiak

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, AMASSANGAN-– Dinas Pemuda dan Olahraga Dispora Palopo menampilkan empat olahraga tradisional pada Pekan Budaya Tana Luwu (PBTL) 2022 di pelataran Istana Kedatuan Luwu, Sabtu, 22 Januari 2022.

Keempat olahraga tersebut masing-masing mallongga, macukke, mangngampang, dan lomba bakiak. Olahraga tersebut disaksikan langsung Yang Mulia Datu Luwu XL, H Andi Maradang Mackulau SH Opu To Bau yang duduk di ‘salassa’, teras Istana Kedatuan. Olahraga ini berlangsung sebelum dimulainya parade rakki.

Yang terlihat paling seru adalah lomba bakiak. Pasalnya, sempat bakiak tidak bisa bergerak lantaran dalam satu tim tidak kompak. Kemudian beberapa kali peserta bakiak terjatuh, juga karena ketidakkompakan tim saat hendak balik.

Kadispora Palopo, Zulkifli ST MSi didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora, Mansyur SE MSi yang ditemui di sela-sela kegiatan, empat peserta enggrang (longga) tampil pada PBTL. Salah satunya siswa SMPN 6 Palopo yang mewakili Sulsel pada Pekan Budaya Nasional di Jakarta yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2018 lalu. Siswa SMPN 6 tersebut mewakili Sulsel setelah juara 1 tingkat Provinsi Sulsel di Makassar.

Ke depan, kata Mansyur, pihaknya akan mengagendakan Pekan Olahraga Tradisional antar pelajar. Tujuannya, untuk melestarikan olahraga tradisional yang nyaris terlupakan akibat kemajuan teknologi. (ikh)

  • Bagikan