Hari Pertama Berkantor di DPRD, Arfan Basmin RDP Penanganan Bencana di Komisi III

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA– Andi Muhammad Arfan Basmin Senin, 24 Januari 2022 mengikuti agenda perdana di Komisi III DPRD Luwu. Ia mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) terkait penanganan peristiwa bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Bua.

“Saya datang pagi hari karena memang ada agenda terkait pembahasan sejauhmana penanganan bencana alam angin puting beliung di Bua. Beberapa pejabat OPD hadir yakni BPBD Luwu, Dinas Perkim dan BPKD Luwu,” ungkap Arfan Basmin.

Dalam RDP di Komisi III DPRD Luwu yang dipimpin Wakil Ketua Komisi lll DPRD Luwu, Herman Paral SH MH itu dibahas sejauhmana penanganan pelaksanaan perbaikan rumah-rumah penduduk yang rusak diterjang angin puting beliung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Rahman Mandaria mengatakan, pihaknya menangani sejumlah rumah yang rusak sedang dam ringan dan kini sudah hampir rampung.

“Anggaran yang digunakan untuk perbaikan rumah-rumah warga ini menggunakan Bantuan Tidak Terduga (BTT) yang digelontorkan BPKD Luwu senilai Rp 1,3 miliar. Tetapi sepertinya tidak akan digunakan keseluruhan. Alokasi bantuan untuk rumah yang rusak sedang sebesar Rp10 juta dan yang rusak ringan senilai Rp5 juta,” kata Rahman Mandaria.

Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Luwu, Athair Assagaf mengatakan, rumah-rumah warga yang mengalami rusak berat ditangani Dinas Perkim Luwu yang alokasi anggarannya diplot dari BTT.

“Untuk perbaikan rumah yang rusak berat juga sedang dilaksanakan. Untuk perbaikan satu unit rumah yang rusak itu di plot anggaran maksimal seniai Rp45 juta,” kata Athair. (and)

  • Bagikan