Diaspora Sang Torayan, Capai Satu Juta di Sejumlah Negara

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Ir Dewi Sartika Pasande, MSc adalah Ketua Bidang Luar Negeri Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI). Ia bertugas untuk mengkordinasikan 1 juta lebih diaspora sang Torayan yang menetap di luar negeri. Serta bersinergi dengan KBRI seluruh negara, termasuk Inggris, Australia, Amerika, Jepang, Malaysia, dan Singapore.

”Di negara ini paling banyak sang torayan,” ujar Dewi Sartika Pasande, ketua bidang luar negeri PMTI, kepada Palopo Pos yang ikut memantau lewat daring pertemuan silaturahmi dengan ketum PMTI dan pengurus PMTI se Luwu Raya.

Tugas lainnya adalah mempromosikan budaya dan obyek wisata Toraja untuk mengajak wisatawan manca negara. Diperkirakan diaspora sang Torayan lebih 1 juta yang menyebar di semua negara. ”Bahkan diaspora Toraya sudah bercicit di perantauan,” terangnya.

Digambarkan Dewi Sartika bahwa kehidupan diaspora rata-rata mereka jadi pengusaha, mahasiswa, dan kerja dipabrik juga perkebunan yang menghasilkan devisa negara. Sang torayaan ini sangat solid di perantauan.

Mereka saling support satu sama lain. Diaspora sang Torayan dikenal ulet loyal rajin. Mereka kuat karena memegang teguh prinsip “misa kada di patuo pantang kada di pomate”.(ary)

  • Bagikan