Petani Temukan Benda Diduga Bom

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, LAROMPONG–Dua orang petani di Kabupaten Luwu, yang berasal dari Dusun Tarere Desa buntu Matabing kecamatan Larompong, pekan kemarin, sekitar pukul 17.00 WITA menemukan sebuah benda besi yang diduga adalah bom. Kedua petani ini sempat panik dan langsung melaporkan ke aparat berwajib setempat.

Adalah Jubdin, (68 tahun), salah seorang petani kakao asal Desa Buntumatabing bersama petani Akram juga petani asal Dusun Tarere Desa Buntu Matabing yang menemukan benda besi yang diduga bom tersebut. Kronologis peristiwa kedua petani yang beralamat di dusun Tarere tersebut sekira pukul 15.00 WITA berangkat dari rumahnya menuju kebunnya yang terletak di atas perbukitan yang tidak berapa jauh dari rumahnya.

Setibanya di kebun kedua petani tersebut mulai menggali lubang dengan tujuan untuk menanam bibit kakao. Sementara menggali lubang menggunakan cangkul, tiba-tiba alat penggali yang dipakai Jubdin itu mengenai sebuah benda keras, yang awalnya Jubdin mengira adalah akar yang mellintang menghalangi lubang. Tetapi begitu terus di gali ternyata benda itu adalah sebuah besi.

Karena terus penasaran, Jubdin terus menggali dan bersama rekannya Akram dan berhasil mengangkat benda besi dengan ukuran lebih panjang dari telapak kaki orang dewasa tersebut kemudian membersihkannya. Setelah dibersihkan, Jubdin dan Akram kaget karena memperkirakan itu adalah bom

Karena tidak menyangka benda yang temukan adalah sebuah besi yang diduga bom, Jubdin dan Akram tidak melanjutkan pekerjaannya untuk menamam bibit kakao, mereka bergegas pulang dengan membawa benda besi itu dengan hati-hati ke rumahnya yang tidak berapa jauh dari lokasi ditemukan benda besi itu.

Setiba dirumahnya, Akram lalu membuka YouTube untuk mencari tahu dan untuk memastikan benda itu benar-bendar adalah bom, dan ia menemukan informasi dari You tobe benda yang mereka temukan itu mirip dengan bom. Merasa khawatir, Jubdin dan Akram berinisiatif melaporkan kejadian tersebut sekira pukul 17.00 Wita kepada kepala Dusun kemudian Kepala Dusun melaporkan ke kepala Desa Buntumatabing.

Sekira pukul 19.30 Kepala Desa Komba, Suwanto yang juga purnawirawan TNI, mendapatkan informasi tersebut langsung menghubungi Danramil Larompong melaporkan kejadian tersebut kemudian Danramil memerintahkan Babinsa Buntumatabing untuk segera menuju lokasi atau rumah yang menemukan benda bom tersebut.

Bom tersebut diamankan oleh Babinda Serda Kadir sekira pukul 21.00 mengambil dan menyimpan benda itu depan Koramil 1403-01 Larompong. Wakapolsek Larompong, Ipda Mulyadi yang dikonfirmasi Harian Palopo Pos, membenarkan adanya penemuan benda besi oleh kedua petani Dusun Tarere itu.

“Memang benar kedua petani itu menemukan benda yang diduga bom. Tetapi berdasarkan pengalaman kami bertugas di Papua, benda itu hanya projektil dari bom. Namun untuk lebih jelas kami akan membawa benda yang di perkirakan adalah projektil bom itu ke Brimob Baebunta,”kata Mulyadi.(fan/ald)

  • Bagikan