135 Mahasiswa UIN Alauddin KKL di Palopo

  • Bagikan

Nampak Muhammad Afif Hamka, S.Ip.M.Si salah satu koordinator Palopo Urban Forum, saat menerima mahasiswa UIN Alauddin KKL di Palopo. –ist–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO– Sebanyak 135 mahasiswa program studi ilmu politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) di Kota Palopo selama dua hari dengan mengunjungi sejumlah locus yang dipimpin langsung oleh guru besar ilmu politik UIN Alauddin, Prof. Dr. M. Saleh Tajuddin, PhD.

Salah satu locus yang didatangi oleh para mahasiswa tersebut adalah komunitas Palopo Urban Forum yang sejak 2018 eksis memberi kontribusi pemikiran terhadap sejumlah wacana dan isu yang berkembang ditengah masyarakat Kota Palopo.

Penerimaan mahasiswa UIN Alauddin oleh Palopo Urban Forum dilaksanakan di ruang pertemuan rumah jabatan Wakil Wali Kota Palopo, Selasa (15/2) .

Muhammad Afif Hamka, S.Ip.M.Si salah satu koordinator Palopo Urban Forum dalam sambutan penerimaannya mengatakan bahwa konsistensi komunitas PUF adalah merupakan wadah diskusi dan sharing informasi sekaligus tempat lahirnya sejumlah ide dan gagasan tentang kepedulian dan kecintaan terhadap daerah.

Irban IV Inspektorat Kabupaten Luwu tersebut juga menyampaikan apresiasi kunjungan mahasiswa KKL, dia mengaku bahwa Palopo Urban Forum siap bersinergi dengan berbagai pihak untuk menampung ide maupun gagasan dalam memajukan daerah.

Sementara itu guru besar ilmu politik UIN Alauddin, Prof. Dr. M. Saleh Tajuddin, PhD. menyampaikan bahwa pihaknya sengaja memilih Palopo Urban Forum sebagai salah satu locus karena menilai bahwa komunitas ini sangat unik dan menarik karena memberi ruang bagi masyarakat dalam peningkatan partisipasi dalam hal penyaluran ide dan gagasan terhadap pelaksanaan pembangunan maupun wacana kemasyarakatan.

Hal senada dikatakan oleh ketua prodi ilmu politik Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar yang juga turut dalam kesempatan itu ,bahkan dirinya merekomendasikan kepada mahasiswanya yang akan menyusun skripsi untuk menjadikan Palopo Urban Forum sebagai salah satu model yang dapat disorot dalam penulisan hasil penelitian.

Pada pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, sejumlah mahasiswa peserta KKL tampak antusias menyampaikan pertanyaan dan pernyataan terkait eksistensi Palopo Urban Forum disela sela materi pengenalan yang disampaikan oleh Zulham A.Hafid,.M.Si yang dalam paparannya juga mengulas tentang sejumlah capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Palopo Urban Forum.

Selain bersilaturahim dengan komunitas Palopo Urban Forum, mahasiswa KKL Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar juga berkesempatan bertandang ke istana kedatuan Luwu, ke kantor KPU Palopo dan juga kantor Wali Kota Palopo.(rls)

  • Bagikan