Agustus, Tahapan Pemilu Dimulai

  • Bagikan

* Parpol Mulai Masifkan Struktur hingga ke Kelurahan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan hari pemungutan suara Pemilihan Umum Serentak 2024 akan berlangsung pada 14 Februari 2024, yang dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022.

Menuju hari tersebut, tahapannya sudah dimulai tahun ini. Tepatnya awal Agustus 2022.
Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, juga dihadiri Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir, MH bersama sejumlah pemimpin partai politik di KPU Kota Palopo. Sebut saja ada Ketua Golkar Palopo, Rahmat Masri Bandaso, dan Ketua PPP Palopo, Haidir Basir.

Menurut Ketua KPU Palopo, Abbas Johan, pelaksanaan Pemilu digelar Rabu 14 Februari 2024. Ini telah ditetapkan sebagai hari dan tanggal Pemungutan Suara Pemilu serentak Tahun 2024, sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan KPU Nomor 21 tahun 2022, tentang hari dan tanggal Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota serentak Tahun 2024.

“Hari ini kita menyaksikan bersama-sama dengan unsur Forkopimda, Pimpinan Partai Poltik yang ada di Kota Palopo, Bawaslu dan stakeholder Pemilu, melaui Kanal youtube KPU,” beber Abbas Johan.

Abbas menyampaikan secara tertulis dalam surat undangan No. 21/PP 06-Und/7373/2022, tanggal 14 Februari 2022 tentang pemberitahuan Peluncuran hari pemungutan suara, dimaksudkan untuk penyebarluasan informasi kepada seluruh masyarakat, tentang hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu serentak, Tahun 2024, sehingga lebih menumbuhkan kesadaran dan semangat bersama-bersama untuk mendukung dan mensukseskan Tahapan Penyelenggaran Pemilu serentak Tahun 2024.

Mengenai soal verifikasi parpol peserta Pemilu mendatang, Abbas menambahkan bahwa verifikasi parpol ini dilakukan dua tahapan yakni secara administrasi dan secara faktual. “Bagi parpol yang telah memenuhi ambang batas pada Pemilu 2019 tidak lagi dilakukan secara faktual. Namun hal ini juga harus mengikuti peraturan KPU baru yang sampai saat ini baru sebatas draf,” katanya.

Kendati soal anggaran, KPU Palopo memperkirakan kebutuhan anggaran lebih dari yang digunakan pada Pemilu sebelumnya. “Kalau anggaran yang kita gunakan sebelumnya sekitar Rp14 miliar sebagai anggaran operasional. Itu di luar anggaran pengadaan logistik. Tentunya nanti ini berbeda besarannya, mungkin kita butuh lebih dari itu dikarenakan kondisi dari pandemi covid-19,” terang Abbas Johan.

Persiapan Parpol

Menghadapi dibukanya pendaftaran parpol peserta Pileg 2024 yang dimulai Agustus 2022, sejumlah partai telah memasifkan struktur kepengurusan hingga ke tingkat kecamatan.

Seperti yang dilakukan DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Palopo telah menggelar musyawarah anak cabang (Musancab) untuk tingkat kecamatan di gedung MCH, Selasa 15 Februari 2022.

Terdapat 9 Kecamatan di Kota Palopo masing telah dibentuk tim formatur mereka untuk menggodok susunan pengurusan PPP tingkat Kecamatan pada periode 2022-2027. Tim formatur ini melibatkan 5 orang dengan keterwakilan 1 orang dari DPW PPP Sulsel, 1 orang DPC, 1 orang PAC dan 2 orang dari perwakilan pimpinan ranting/Kelurahan.

Ketua DPC Haidir Basir mengatakan bahwa Musancab yang dilaksanakan ini bukan memilih secara langsung ketua PPP dari tingkat Kecamatan melainkan Musancab tersebut hanya memilih dan menetapkan tim formatur.

Nantinya tim formator tersebut akan merumuskan kepengurusan. “Sesuai aturan organisasi PPP hanya membentuk tim formatur saja. Tim ini nantinya akan menetapkan siapa yang akan dilibatkan dalam pengurusan partai tingkat Kecamatan seperti, ketua sekretaris dan bendahara,” katanya.
Partai Gelora Kota Palopo juga telah merampungkan struktur kepengurusannya hingga tingkat kelurahan.

Budi Sada selaku Ketua DPD Gelora Kota Palopo mengatakan, saat ini pihaknya telah selesai merampungkan kepengurusan partai hingga ke tingkat kelurahan di Kota Palopo. Ia juga kini tengah membuka pintu lebar bagi tokoh masyarakat yang ingin mendaftar maju sebagai peserta bacaleg DPRD Kota Palopo 2024, mendatang.(rul/idr)

  • Bagikan