HB: Posisi Pilwalkot Ditentukan dari Perolehan Kursi Parpol Pileg 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Jadwal pemilu 2024 yang sudah ditetapkan oleh komusi pemilihan umum (KPU), untuk hari pencoblosan pemilu legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 dan 10 bulan kemudian dilakukan pencoblosan Pilkada Serentak pada 17 November 2024. Baik partai politik (parpol) peserta pemilu maupun figur calon pemimpin yang akan berkompetisi dalam pemilu 2024 semuanya wajib mengacu pada jadwal pemilu yang telah diputuskan secara resmi oleh KPU tersebut.

Merespon opini publik yang berkembang di masyarakat Kota Palopo akhir-akhir ini terkait pemilihan walikota (Pilwalkot 2024) yang menyebut nama H. Haidir Basir sebagai salah satu figur kuat untuk posisi 02 atau calon wakil wali kota, Haidir Basir atau akrab disapa HB mengungkapkan tidaklah mempermasalahkannya. Apalagi jika hal itu memang opini yang muncul di tengah masyarakat Kota Palopo.

Terkait itu, HB kepada Palopo Pos, Senin 21 Februari 2022 menanggapi biasa saja beredarnya simulasi pasangan RMB-HB, FKJ-HB, OME-HB dan lain lain simulasi pasangan pilwalkot yang menyebut dirinya.
“Bahwa semua simulasi pasangan tersebut merupakan wacana politik yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, yang belumlah dipermanenkan sebagai pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang resmi,” ujar HB yang juga Ketua PMI Kota Palopo ini.

Menurutnya, bagi dirinya wacana itu setidaknya memberikan gambaran jika figur HB masih eksis dan aktual serta memiliki potensi politik besar dalam meraih kemenangan pada pilwalkot 2024 mendatang. Dan untuk mempermanenkan pasangan itu akan melalui dinamika politik tersendiri yang timengnya berkaitan erat dengan tahapan pemilu itu sendiri.

HB juga menandaskan perlunya mengedukasi publik terkait pemilu 2024. Bahwa perolehan kursi parpol di pemilu 2019 lalu yang sekarang ini dimiliki oleh Parpol-parpol di DPRD bukanlah menjadi dasar untuk mengusung pasangan calon pada pilkada 2024.melainkan capaian perolehan suara dan kursi partai politik peserta pemilu 2024itulah yang akan menjadi dasar bagi masing masing parpol dalam mengusung calon walikota pada pilwalkot palopo tahun 2024. Karena pergerakan politik itu sungguh dinamis,maka bisa saja perolehan kursu semua parpol yang ada saat ini dapat bertambah,berkurang dan hilang sama sekali ataukah hadirnya parpol pendatang baru.makanya,HB sebagai ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP)kota palopomenyadari betul bahwa kerja kerja politik sebuah partai hari ini menjadi penentu posisi politik ,baik perolehan kursi DPRD maupun konfigurasi figur yang akan di usung sebagai calon walikota pada pilwalkot 2024.

Atas dasar itulah,maka wajar saja jika HB saat ini lebih fokus melakukan penguatan infrastruktur partainya ketimbang membahas pilwalkot, meski dirinya mewacana kuat ditengah tengah masyarakat palopo sebagai salah satu figur potensial untuk di usung pada pilwalkot 2024.

Diamanahkan menakhkodai DPC PPP Kota palopo, HB saat ini sangat intens melakukan konsolidasi internal partai, mulai dari memaksimalkan kepengurusan tingkat cabang kota palopo, musyawarah anak cabang (Musancab) tingkat PAC di sembilan kecamatan dalam wilayah kota palopo dan akan dilanjutkan dengan musyawarah tingkat ranting (Musran)PPP di 48 kelurahan yang ada di kota palopo. Sesuai target yang tekah disusun, semua bentuk konsolidasi partai ini,akan rampung dalam pertengahan tahun 2022 ini.

Memang konsolidasi penguatan insfrastruktur PPP kota Palopo membutuhkan kerja keras dari seluruh kader yang ada dan itu sejalaln dengan jargon PPP, yakni persatuan kita adalah sumber kekuatan kita.Namun,semua kerja keras kader tersebut inshal allah akan bermuara pada efektifnya mesin politik partai PPP kota Palopo dalam perjuangan meraih posisi sebagai parpol terbaik pada pemilu 2024. Dengan capaian politik terbaik itulah,maka HB selaku ketua DPC PPP Kota palopo memiliki bergaining position yang kuat untuk kemudian menentukan posisi politiknya dan pasangan calon yang permanen pada pilwalkot 2024 yang akan datang.(idr)

  • Bagikan