Rusdi dan Sartika Juara Satu Pemilihan Duta Kampus IAIN Palopo 2022

  • Bagikan

* Citizen Reporter
Oleh: Risaldi Alfauzie
(Civitas Akademik IAIN Palopo)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sukses menggelar Pemilihan Duta Kampus IAIN Palopo Tahun 2022 untuk pertama kalinya pada Sabtu malam, 26 Februari 2022 di Gedung Aula Serbaguna IAIN Palopo. Rusdi dan Sartika terpilih sebagai juara satu pada kegiatan ini.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membentuk Mahasiswa yang Berkarya dan Berprestasi” tersebut diikuti sebanyak 23 peserta yang berasal dari 10 (sepuluh) program studi diantaranya Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Tata Negara, Hukum Keluarga, Bimbingan Konseling Islam, Pendidikan Matematika, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, dan Manajemen Bisnis Syariah.

Sebelum malam grand final dilaksanakan, para peserta Duta Kampus IAIN Palopo 2022 juga mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia seperti Technical Meeting, Pemotretan, Pembekalan selama dua hari, Unjuk Bakat, dan Deep Interview.

Pembekalan tersebut diisi dengan materi yang dapat meningkatkan pengetahuan peserta. Pada hari pertama, pembekalan diisi dengan materi Peran Mahasiswa sebagai Icon Kampus yang dibawakan oleh Dr. Muhaemin, M.A. selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dilanjutkan dengan materi Public Speaking dan Etika Komunikasi serta Table Manner dan Kepribadian oleh Tasdin Tahrim, S.Pd., M.Pd. selaku dosen IAIN Palopo. Di hari kedua, peserta diberikan pelatihan Catwalk oleh panitia sekaligus gladi kotor untuk melatih choreography peserta.

Sevli Harti Ponto selaku Ketua Panitia Duta Kampus IAIN Palopo 2022 mengatakan Duta Kampus yang terpilih nantinya akan bertugas untuk memperkenalkan kampus di luar agar dikenal banyak orang.

“Siapapun yang terpilih nanti akan menjadi Icon Kampus IAIN Palopo yang akan mensosialisasikan kampus di luar sana agar dapat dikenal banyak orang”, ujar Sevli.

Pada malam grand final, para peserta kembali di seleksi dalam beberapa sesi, diantaranya sesi penyampaian orasi dilanjutkan dengan sesi 6 besar putra dan putri. Di sesi ini, peserta mendapatkan pertanyaan dari 5 orang juri, dan sesi terakhir yaitu sesi 3 besar putra dan putri.

Para peserta yang lolos ke tahap 6 besar putra dan putri tampil menggunakan gaun dan kemeja batik dari sponsor Rumah Mode Althaf dan Tata Collection. Selain itu, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari sponsor lainnya seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Palopo, Beppa Duona, Nadila Bouquet, IPEDS IAIN Palopo, Mr. Pink Tea, Alif Studio, Antis, CV. Elmira Production, Wardah, dan Enesis Group.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Zulkifli selaku Runner Up 1 Duta Kampus Sulawesi Selatan. Zulkifli mengatakan bahwa pemilihan yang dilaksanakan pertama kali ini merupakan ajang pemilihan paling meriah di Sulawesi Selatan.

“Kegiatan Pemilihan Duta Kampus IAIN Palopo 2022 ini ajang paling meriah selama saya menghadiri semua kegiatan pemilihan Duta Kampus yang ada di daerah. Dan merupakan pemilihan yang pertama kali digelar. Ini merupakan hal yang luar biasa yang dipersembahkan oleh para panitia”, ujar Zul.

Adapun peserta yang meraih juara atribut pada pemilihan kali ini yaitu M. Aditia Asri dari Perbankan Syariah dan Nurul Rahmawati dari Hukum Ekonomi Syariah meraih atribut Best Performance, Krisna Abimayu dari Hukum Ekonomi Syariah dan Triya Vika dari Ekonomi Syariah meraih Best Personality, Huswatun Hasanah dari Hukum Ekonomi Syariah meraih Duta Kampus Berbakat 2022, Aulia Putri Abdullah dari Pendidikan Matematika meraih Duta Kampus Social Media 2022, Della Puspita dari Pendidikan Bahasa Inggris meraih Duta Kampus Intelegensia 2022, Syahrul Ramadhan dari Bimbingan Konseling Islam meraih Duta Kampus Persahabatan 2022, dan Sartika Kasri dari Hukum Tata Negara meraih Duta Kampus Favorit.

Selain juara atribut, peserta juga memperebutkan Duta Fakultas dan juara utama Pemilihan Duta Kampus IAIN Palopo 2022. Pemenangnya yaitu Basmar Maksum dari Manajemen Pendidikan Islam meraih gelar Duta FTIK, Miftahul Jannah Sofyan dari Bimbingan Konseling Islam meraih gelar Duta FUAD, dan Renaldy Maulana dari Hukum Ekonomi Syariah meraih gelar Duta FASYA. Untuk gelar Runner Up 2 Duta Kampus IAIN Palopo 2022 diraih oleh Chandra Mayangkara dari Pendidikan Bahasa Inggris dan Amaliah Reskyta Baso dari Manajemen Bisnis Syariah, Runner Up 1 Duta Kampus IAIN Palopo 2022 diraih oleh Muh. Razak dari Bimbingan Konseling Islam dan Anggi Anggraeni Hardi dari Hukum Ekonomi Syariah, serta yang keluar sebagai Juara 1 Duta Kampus IAIN Palopo 2022 yaitu Rusdi dari Ekonomi Syariah dan Sartika Kasri dari Hukum Tata Negara.

Untuk diketahui bahwa Juara 1 Duta Kampus IAIN Palopo tersebut akan mewakili IAIN Palopo ke tingkat provinsi di ajang Duta Kampus Sulawesi Selatan 2022 yang akan diselenggarakan setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang. (*)

  • Bagikan