Tutor UT Makassar Awaludin Punya Kesan Murid Mengajar Gurunya di SMP Walenrang

  • Bagikan

PALOPO — Sosok Tutor UT Makassar yang satu ini Awaluddin,S.Pd.,M. Pd, cukup banyak menjalani pengalaman  dan kesan serta kenangan selama diberi amanah menjadi Tutor Tatap Muka (TTM) UT sejak tahun akademik 2007.

Ditemui di Palopo awal Maret 2022, kepada media mengatakan, selama dalam rentang waktu diberi amanah jadi tutor untuk UT Pokjar Palopo, telah berkeliling di wilayah Luwu Raya (Palopo, Luwu, Lutim dan Lutra), menjalankan tugas selaku tutor.

Pada suatu waktu dalam TTM di Palopo, salah seorang mahasiswi UT, seorang ibu yang telah berumur dalam kelas mendekat dan bertanya, ” Saya panggil anak saja, karena saya lebih tua, sepertinya pernah saya ajar, tetapi dimana yah ” ungkap ibu itu sambil terus mengingat mengingat.

Awaluddin kemudian menjawab, ”Saya dulu murid ibu di SMP Walenrang ”, jawaban itu membuat sang ibu kk sangat bahagia karena ketemu muridnya yang kemudian berbalik, murid yang kembali mengajar gurunya.

Kesan dan pengalaman itulah selama jadi Tutor UT, akan selalu dia ingat dan menjadi kenangan sepanjang waktu.

Ada satu lagi kenangan yang juga sangat sulit di lupakan, saat awal awal jadi TTM di Malangke Luwu Utara, salah seorang mahasiswa kepala sekolah SD, ada anaknya seumuran dengan Awaluddin.

Saat pertama masuk dalam kelas mengajar mahasiswa seumuran orang tua sendiri, awalnya sempat grogi tetapi dengan materi pembelajaran menghadapi dan menguasai kelas dari UT, akhirnya proses TTM dapat berjalan dengan lancar sampai selesai tutorial dan bapak bersangkutan juga lulus  pada mata kuliah yang di programkan, katanya.

Menjadi tutorial UT memberi banyak pengalaman dan keterampilan dalam pembelajaran. Metode dan media pembelajaran yang terus diperbaharui memberi tantangan tersendiri untuk menerapkan di kalangan para mahasiswa.

Selain itu kenangan saat masih TTM melakukan interaksi dengan para mahasiswa yang menyebar dari seluruh pelosok Luwu Raya dengan berbagai ragam latar belakang sosial, budaya dan ekononi para mahasiswa.

Pengalaman tutor di pelosok daerah itu juga membangun dan memperluas jejaring dan relasi dari para mahasiswa UT dan pengelola di daerah masing masing.

Tutor UT kelahiran Jeneponto 19 Juni 1977 sehari hari adalah Guru Matematika SMK Negeri 2 Palopo.

Menyelesaikan jenjang studi S1 Pendidikan Matematika dari STKIP Cokroaminoto Palopo dan kemudian lanjut jenjang Magister Pendidikan Matematika pada PPs-UT selesai studi 2014.(rls)

  • Bagikan