Kundapil, HMD Fokus Kunjungan ke SMA/SMK

  • Bagikan

* Di SMK 13 Luwu hanya Kepsek yang PNS, Semua Guru Masih Honorer

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA– Dr H Husmaruddin SE MM yang akrab di sapa HMD Anak Desa selaku Anggota DPRD Sulsel, malaksanakan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) padal 20-22 Maret 2022.

Dalam kunjungan kali ini, HMD menfokuskan kunjungan ke SMA/SMK di Dapil XI, utamanya di Kab. Luwu. Hal ini dimaksudkan untuk melihat/meninjau secara langsung pembangunan di sekolah. Ssekaligus untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi di sekolah agar dapat ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Pemerintah utamanya Kepala Dinas Pendidikan agar kiranya serius dalam menangani masalah pendidikan di Tana Luwu. Pasalnya masih banyak yang perlu dibenahi. Baik dari segi pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana (Sarpras) di sekolah.

Misalnya saja, pembangunan pagar, ruang praktek siswa, rehab halaman/paving block, serta bantuan komputer. Selain itu juga terkait masalah SDM agar lebih diperhatikan nasib dan kesejahteraan tenaga pengajar dan honorer.

Seperti di salah satu sekolah yang dikunjungi HMD, SMKN 5 Luwu di Kel. Pattedong Kec. Ponrang Selatan. Beberapa hal yang menjadi kendala/permasalahan yang dialami oleh sekolah yakni keberadaan guru yang berstatus PNS masih sangat kurang, hanya sekitar 15 orang. Sedangkan tenaga honorer sebanyak kurang lebih 50 orang.

Selain itu juga jumlah kapasitas siswa yang tidak didukung oleh sarana dan prasarana. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian demi terselenggaranya pendidikan yang lebih baik.

Di SMK 13 Luwu, kepala sekolah saja yang PNS. Yang lain, tenaga honorer. “Masih memprihatinkan. Dan masih banyak lagi permasalahan yang ditemui,” katanya kepada Palopo Pos, Selasa, 22 Maret 2022. (ikh)

  • Bagikan