Disbud Kolaborasi Adat Pancai Pao Gelar Festival Tari pada 31 Maret

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOTING– Dinas Kebudayaan (Disbud) Palopo kolaborasi Adat Pancai Pao akan menggelar Festival Tari di Gedung Saodenrae Convention Centre (SCC), Palopo, Kamis, 31 Maret 2022 pekan depan.

Menurut Kadis Kebudayaan Palopo, Karno SSos melalui rilis, Rabu, 23 Maret 2022, ada dua kategori diperlombakan pada festival ini yakni kategori Tari Sanggar Seni serta kategori Seni Tari Pelajar. Tujuannya, agar kearifan lokal selalu terjaga serta terpelihara.

”Panitia menyiapkan dana pembinaan bagi juara satu, juara dua, hingga juara tiga,” kata.

Sementara Pemegang Mandat Adat Pancai Pao, Abidin Arief To Pallawa Rukka SH kepada Palopo Pos menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap adat budaya yang agar semakin ke depan tidak salah dalam membawa serta menempatkan adat.

Juga budaya Wija To luwu yang selalu digaungkan yakni sipakaraja, sipakatau, sipakalebbi, sipakainge. Yang artinnya saling membesarkan, saling menghargai, saling memuliahkan, dan saling mengingatkan, tidak hanya sekedar menjadi slogan saja. Tapi betul-betul dapat diimplementasikan pada diri sendiri serta secara turun temurun pada anak regenerasi agar selalu menonjolkan budaya sebagaimana yang diamanatkan UUD No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan kebudayaan, lahir dalam rangka melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.

Untuk diketahui, Adat Pancai Pao pernah melaksanakan webinar kebudayaan berjudul I La Galigo Warisan untuk Kaum Millenial secara hybrid (daring dan tatap muka terbatas) pada 2022 lalu. Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov Sulsel, Pemkot/Pemkab se Tana Luwu, dan PT. Vale. (ikh)

  • Bagikan