17 Calon rekanan PLN UP3 Periksa Perlengkapan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TAKKALALA–Sebanyak 17 rekanan mengikuti gelar pasukan dan peralatan kerja Jasa Konstruksi dan Pemeliharaan bagi calon mitra kerjanya alias rekanan mereka yang dilakukan PLN UP3 Palopo di pelataran mesjid islamic centre, Senin 28 Maret 2022. Ini adalah kegiatan rutin dilakukan BUMN tersebut untuk calon rekanan yang akan masuk daftar penyedia seleksi.

“Iya, hari ini kita memeriksa kelengkapan calon rekanan, ini wajib dipenuhi agar mereka bisa langsung diundang saat pelelangan,”kata Manager PLN UP3 Palopo, Alimuddin saat diwawancara usai kegiatan.

Ia merinci sebanyak 17 rekanan, dua diantaranya rekanan baru, rekanan lokal sebanyak 9 dan 6 rekanan untuk kontrak SP-APP yang khusus menangani penyambungan ke rumah-rumah. “Jadi keseluruhan total untuk diperiksa ini sebanyak 17 rekanan,” sebutnya.

Ia mengungkapkan dua calon rekanan baru ini sebenarnya rekanan lama namun bekerja diluar wilayah PLN UP3 Palopo.

Untuk tahun ini, kata Alimuddin, anggaran untuk pengelolaan di PLN UP3 yang bakal di tender oleh 17 rekanan ini jika bercermin pada tahun 2021 lalu itu sebanyak Rp50 miliar, ia berharap tahun bisa lebih untuk kehandalan jaringan dan peningkatan pelayanan listrik kepada masyarakat. “Anggaran ini berdasarkan RKK dari wilayah, semoga bisa lebih dari tahun sebelumnya,”ungkapnya.

Diketahui, penyelenhggaraan gelar pasukan dan gelar peralatan, Senin ini adalah hal wajib diikuti oleh calon mitra, selain untuk keselamatan kerja, juga pada kelengkapan peralatan yang dimiliki untuk bekerja. Ditegaskan bahwa tujuan gelar pasukan tersebut, agar seluruh mitra kerja mereka dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan peraturan dan SOP yang ada sesuai target. Tidak hanya cepat tetapi juga didasari dengan tingkat safety setinggi-tingginya.

Karena mitra kerja harus bekerja lebih profesional.

Mitra kerja juga harus memiliki peralatan dan personel yang memadai dan kompeten sehingga bisa membangun dan memelihara jaringan listrik serta mengatasi gangguan dengan cepat dan tidak merugikan pihak lain sekaligus membantu PLN untuk lebih baik lagi. Dimana PLN Up3 memiliki standar kepada rekanan yang harus dipenuhi, misalnya kelepngkapan APD, tools, kantor dan sebasgainya.

“Ini hal wajib bagi rekanan dan dipersyaratkan terkait peralatan apa yang harus dimiliki, untuk masuk dalam kontrak harga satuan dalam mendukung kinerja sesuai standar yang ada,”katanya.

Diantara sejumlah rekanan, adakah yang tidak memenuhi persyaratan terkait kelengkapan?, Alimuddin hanya mengatakan mengatakan masih akan dilakukan pemeriksaan lagi untuk pemeriksaan kantor dan staf administrasi, “karena setelah ini akan dilakukan pelelalangan,” jelasnya.(ald)

  • Bagikan