Puang Sangalla Annar Sampetoding masuk Tim Formatur

  • Bagikan

* Percepatan Pembentukan Provinsi Tana Luwu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Perjuangan agar Tana Luwu bisa menjadi sebuah provinsi terus berlanjut. Keseriusan tersebut diperlihatkan dengan lahirnya tim formatur yang dibentuk untuk mempercepat proses persiapan. Dalam rapat persiapan yang dipimpin langsung oleh datu Luwu H. Andi maradang mackulau di hotel kartika Chandra, Jl Gatot subroto Jakarta, Ahad 27 maret 2022, ditunjuk 7 orang untuk menduduki jabatan sebagai formatur.

Salah satu tokoh yang dipercaya sebagai formatur yakni Ketua Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT), Annar Salahuddin Sampetoding yang juga berstatus sebagai Turunan Puang Sangalla.

YM Datu Luwu, Andi Maradang memberikan apresiasinya atas kesediaan Puang Annar menjadi tim formatur. ”Kerajaan Luwu dan Toraja itu memiliki histori yang panjang dan tidak dapat dipisahkan sebagai sebuah kesatuan,” ungkap YM Datu sembari memeluk erat Annnar Salahuddin Sampetoding yang duduk di sampingnya.

Selain itu, kehadiran Annar Salahuddin juga diharapkan dapat memberikan pandangan serta arahan dalam melakukan komunikasi ke tingkat pusat untuk mempercepat proses pembentukan Luwu menjadi provinsi. Pasalnya mantan wakil ketua kadin sulsel era HM Jusuf Kalla tersebut memiliki pengalaman saat menjadi inisiator dalam perjuangan pembentukan Sulawesi Barat menjadi provinsi.

Didaulat menjadi formatur, Annar Salahuddin Sampetoding mengajak kepada seluruh tokoh yang tergabung dalam pergerakan Tana Luwu menjadi provinsi untuk bekerja dengan serius dan profesional.

Ia pun optimis jika tanah Luwu menjadi sebuah provinsi sendiri maka akan tercipta pertumbuhan ekonomi baru yang sangat dinamis demi menunjang stabilitas pertumbuhan ekonomi secara nasional.

”Kakek saya Patta la bunga putra dari Puang Lakipadada Puang Sangalla Tana toraja yang menikah dengan Karaeng Tatalolo anak dari Raja Gowa adalah Datu Luwu pada abad ke-6 dulu. Jadi pertalian darah kerajaan Gowa, Puang Sangalla dan Kedatuan Luwu adalah satu, dan saya akan membantu saudara saya sekuat tenaga demi kesejahteraan masyarakat,“ tegas Annar di hadapan forum.(idr)

Tim Formatur Percepatan Pembentukan Provinsi Tana Luwu

1. Prof DR Syarif Hasan
2. DR. Syarifuddin Sidding
3. Andi Idhanursanty
4. Drs Arsyad kasmar
5. Luthfi andi Mutty
6. Dr Badaruddin Andi Picunnang
7. Annar Salahuddin Sampetoding

  • Bagikan