Muhammadiyah Palopo Siapkan Tiga Masjid Salat Tarawih

  • Bagikan

* Juga Siapkan 50 Mubalig, Bertugas pada 55 Masjid

PALOPO — Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada, Sabtu 2 April 2022, lusa. Dan Jumat malam, 1 April, jemaah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia ini, akan melaksanakan Salat Tarawih.

Di Kota Palopo, ada tiga masjid yang akan digunakan untuk dilaksanakan Salat Tarawih pada malam pertama Ramadan versi Muhammadiyah.

Menurut Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palopo, Dr Hadi Pajarianto SPdI MPd yang dihubungi Palopo Pos, Rabu, 30 Maret 2022, tiga masjid Muhammadiyah di Palopo yang melaksanakan salat tarawih pada malam Sabtu, yakni Masjid Al Awwabin Jl. Datuk Sulaiman, Masjid Al-Qalam kompleks SMA/SMP Muhammadiyah Jl. KH Ahmad Dahlan, dan Masjid Nurul Ilmi Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo Jl Jenderal Sudirman Km 3 Binturu.

Sementara Masjid Al Khaeriyah yang merupakan salah satu masjid binaan Muhammadiyah, Dr Hadi belum bisa memastikannya. ”Kami belum tahu. Karena ada pengurus tersendiri,” jelasnya.

Lanjut Hadi yang juga Wakil Rektor 2 Bidang SDM Bisnis dan Aset UMPalopo, Muhammadiyah Palopo menyiapkan 50 mubalig. Mereka akan melakukan Safari Ramadan pada malam ke-7, ke-14, dan ke-14 pada wilayah selatan, tengah, dan utara Kota Palopo. Akan bertugas pada 55 masjid, sesuai pendataan dari Majelis Tabligh PDM.
”Kalau tahap 1, 2, itu hanya ceramah tarawih. Kalo tahap 3, biasanya bermalam jadi lanjut ceramah subuh. Cuman masih lihat sikon (situasi dan kondisi),” katanya.

Sementara itu, Kemenag, Kota Palopo melalui Kasi Pendis (Pendidikan Islam) Ahmad Patola, Kemenag Kota Palopo tidak menyiapkan atau menyusun jadwal para mubalig untuk ceramah Ramadan di sejumlah masjid. Tapi masing-masing panitia masjid berinisiatif untuk menghadirkan mubaligh di masjid mereka.
Kurang lebih 225 mubaligh di Kota Palopo siap mengisi santapan rohani di Bulan Suci Ramadan. Jadi disilahkan panitia masjid menghubungi para pencerahan tersebut. (ikh)

  • Bagikan