Ramadan, Masjid-masjid Penuh di Kota Palopo

  • Bagikan

* Bahkan Sampai Salat Tarawih di Jalanan

PALOPO — Pelaksanaan ibadah puasa Ramadan, kini memasuki hari kedua bagi versi pemerintah, dan hari ketiga bagi versi Muhammadiyah.
Dari pantauan Palopo Pos disejumlah masjid di Kota Palopo, semua masjid nampak penuh dengan banyaknya jemaah yang datang untuk melaksanakan salat wajib Isya dan salat sunnah Tarawih.
Seperti di Masjid Jami’ Tua Kota Palopo di Jl. Ahmad Yani, jemaah bahkan meluber hingga ke jalanan. Baik di Jl. Ahmad Yani (selatan), dan Jl. Andi Mackulau (timur). Dari panitia telah memasang garis saf salat sebagai patokan bagi jemaah untuk menghadapi kiblat.
Saking banyaknya jemaah yang datang untuk melaksanakan Salat Sunnah Tarawih, dari pihak pengamanan memasang papan penghalang penutupan jalan, mulai dari lampu merah perempatan Jl. Andi Djemma dan di depan rujab Wawali Kota Palopo.
Sementara itu, di Masjid Agung Palopo, jemaah juga menyemut. Bahkan sampai ke teras masjid dan bagian miniatur ka’bah.
Tarawih perdana di Masjid Agung dihadiri Wali Kota Palopo, Wali Kota HM Judas Amir, Sabtu 2 April 2022.
Dalam sambutannya, Wali Kota Palopo dua periode ini menyampaikan berdasarkan keputusan dari pusat, kita sudah diperbolehkan untuk salat berjamaah di masjid. “Kita sudah dibolehkan Tarawih di masjid, dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan. Marilah kita beribadah dengan baik. Saya berharap semangat ini senantiasa mewarnai gerak langkah Pemerintah Kota Palopo, dan seluruh masyarakat khususnya kaum muslimin di Kota Palopo dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat demi kemajuan wilayah dan peningkatan kesejahteraan baik secara fisik maupun spiritualnya. Mari kita beribadah dengan baik,” ajak wali kota.
Wali Kota juga mengatakan mari kita patut bersyukur, karena kita baru saja melaksanakan agenda MTQ Tingkat Kota Palopo, tema yang kita pilih adalah “Kolaborasi Membangun Akhlaq”.
“Dengan tujuan untuk membangkitkan spirit kebersamaan seluruh pemangku kepentingan dalam membangun akhlak Qur’ani masyarakat Kota Palopo. Maka sebaiknya pun dalam Ramadan ini kita dorong semangat “Kolaborasi Meraih Derajat Taqwa,” lanjutnya.
Di akhir sambutannya, wali kota mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Palopo yang selama ini tetap menjaga kebersamaan sehingga Kota Palopo tetap kondusif.
“Semoga dengan Amalia Ramadan ini menjadi asbab turunnya berkah, rahmat dan ampunan bagi kita semua dan Kota Palopo yang kita cintai bersama,” Tutupnya dilanjutkan Salat Tarawih berjemaah. (idr)

  • Bagikan