Renaldi Terpilih Aklamasi Pimpin Dekopinda Kota Palopo

  • Bagikan

Renaldy saat menerima bendera Pataka. –ist–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO– Dosen Unanda yang juga mantan Kadis Persandian dan Statistik Kota Palopo, Renaldi, SE, MM, terpilih secara aklamasi pimpin Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), .

Ini setelah dilakukan  Musyawarah Daerah (Musda), Sabtu, 9 April 2022 di Aula Universitas Andi Djemma Palopo. Renaldi akan menakhodai Dekopinda Palopo periode 2020-2025.

Hadir dalam Musda tersebut adalah Ketua Dekopinwil Sulsel H.Asrullah, dan perwakilan Dinas Koperasi Kota Palopo dan beberapa pengurus koperasi yang tergabung dalam Dekopinda Kota Palopo.

Dalam  sambutannya, Ketua Dekopinwil Sulsel H.Asrullah mengimbau kepada siapapun yang terpilih sebagai ketua agar dapat mengakomodir seluruh sahabat pengurus koperasi dan pemerhati koperasi yang ingin bersama membangun gerakan pengoperasian di Palopo.

Asrullah menambahkan, Koperasi harus berkembang di Kota Palopo, dengan mengoptimalkan potensi sumberdaya. Di samping itu, Dekopinda juga harus berdayaguna kedepannya. Selain itu, Asrullah menekankan bahwa fungsi Dekopin sebagai wadah pendidikan untuk anggota sangat penting. Untuk itu, ke depan pengurus dapat bekerja sama, baik internal maupun eksternal.

“Saya berharap dalam kepengurusan baru nanti menjadi mitra pemerintah, serta bisa merangkul potensi yang ada untuk kemajuan koperasi di Kota Palopo” kata Asrullah

Pelaksanaan Musda Dekopinda Palopo berlangsung secara tertib dan tidak terlalu lama. Dari 33 perwakilan koperasi yang ditetapkan sebagai peserta Musda menyepakati Mantan Kabag Ekonomi dan Kadis Penanaman Modal Kota Palopo ini sebagai Ketua Dekopinda Kota Palopo periode 2020– 2025.

Ditemui disela musda Renaldi mengatakan bahwa amanah sebagai ketua merupakan tanggung jawab besar. Terlebih saat ini dengan adanya pandemi Covid-19.

Menurutnya, butuh solusi agar perekonomian secepatnya dapat pulih kembali.

“Ini tugas berat bagi saya tapi saya akan berupaya maksimal untuk mengembalikan Dekopinda ini sebagai wadah aspirasi gerakan koperasi Kota Palopo. Koperasi adalah sokoguru ekonomi. Dan, yang paling penting bagaimana bermitra dengan pemerintah,” kata Renaldi yang juga dosen Ekonomi Unanda ini.

Renaldi menambahkan, untuk periode ini pihaknya akan merekrut pemuda milenial dalam kepengurusannya. Langkah tersebut ditempuh, karena anak-anak muda lebih cepat beradaptasi di dunia digital.

“Sengaja kami merekrut kaum milenial. Namun, tidak asal comot. Mereka itu memang sudah paham koperasi. Kami berharap, melalui peran serta para pemuda, kami mampu merealisasikan digitalisasi koperasi,” tukas Renaldi.

Dalam Musda ini, ditetapkan tim formatur yang akan merumuskan susunan kepengurusan Dekopinda Kota Palopo periode 2020 – 2025. (Aldy)

  • Bagikan