Pelayanan Publik Tetap Buka, Saat Libur Panjang Lebaran

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idulfitri 1443 H pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 serta cuti bersama Idulfitri sebanyak empat hari, yaitu mulai 29 April, serta 4-6 Mei 2022.

Selama libur panjang lebaran ini, pelayanan dasar publik di Kota Palopo tetap buka. Seperti di sektor kesehatan, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Palopo, Taufiq S.Kep M.Kes, pelayanan di puskesmas dan rumah sakit milik pemda tetap buka.

“Tetap ada pelayanan meskipun saat libur lebaran nantinya,” kata Kadinkes singkat yang dihubungi, Rabu 13 April 2022.
Sementara itu, di sektor pelayanan perizinan Mal Pelayanan Publik Kota Palopo, hingga saat ini belum menentukan apakah tetap buka selama libur lebaran nanti atau tidak.

“Kita masih menunggu petunjuk dari kepala dinas DPMPTSP,” kata Kabid. Informasi, Pelayanan Perizinan Terpadu, Susilowati S.Sos yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu, kemarin.

Hanya saja, ia menggambarkan situasi pelayanan seperti tahun-tahun sebelumnya, saat libur lebaran, pelayanan perizinan tetap buka, namun terbatas. Namanya “Layanan Extra Prima”. Yakni, pelayanan perizinan yang hanya menerima berkas permohonan dan pendampingan lewat OSS, serta penyerahan berkas perizinan yang sudah diproses. Sedangkan proses pelayanan perizinan harus menunggu tim teknis masuk berkantor lagi, setelah libur selesai.

“Jadi kita ada namanya layanan extra prima. Disitu, hanya menerima dan pendampingan lewat OSS, juga kita hanya menyerahkan izin yang sudah selesai. Sedangkan untuk proses perizinan itu, tunggu tim teknis masuk kerja kembali,” kata Susilowati.

Sebagai informasi, di Ramadan ini DPMPTSP Kota Palopo tetap membuka pelayanan publik. Hanya saja, untuk weekend service (Sabtu-Ahad) itu untuk sementara waktu ditiadakan sampai selesai libur lebaran. Namun, untuk service jemput antar perizinan, masih tetap berlaku.(idr)

  • Bagikan