Forkopimda Tana Toraja Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Bupati dan Kapolres

  • Bagikan

Jajaran Forkopimda Kabupaten Tana Toraja memperingati Hari Lahir Pancasila melalui zoom meeting di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Tana Toraja, Kota Makale, Rabu (1/6/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tana Toraja memperingati Hari Lahir Pancasila melalui zoom meeting di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Tana Toraja, Kota Makale, Rabu (1/6/2022).

Upacara Hari Lahir Pancasila secara nasional dipusatkan di lapangan Pancasila, Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni itu, pada tahun 2022 mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’.

Turut hadir jajaran Forkopimda yakni Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati dr. Zadrak Tombeg, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, Ketua DPRD Tana Toraja, Wellem Sambolangi, Kepala Kejari Makale, Herianto L. Paundanan, dan Ketua Pengadilan Negeri Makale, Rustam.

Bupati Theofilus Allorerung usai upacara secara virtual menyampaikan bahwa, hari lahir pancasila merupakan momentum untuk melakukan perenungan betapa besar arti dan makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Lanjutnya, karena kita patut diyakini bersama bahwa itulah yang membawa Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan dalam kancah dunia.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, mari kita jadikan pancasila sebagai ideologi dan guru kita, penuntun kita dalam melaksanakan aktivitas kemasyarakatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesan Theo.

Sementara Kapolres AKBP. Juara Silalahi menyampaikan harapannya agar pada momentum Hari Lahir Pancasila tahun ini dijadikan landasan untuk mengingat kembali cita-cita pendirian bangsa Indonesia.

“Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahun untuk mengingatkan kita tentang cita-cita dari pendiri bangsa, cita-cita luhur pahlawan kita yaitu negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” ungkapnya.

Menurut Juara, saat ini berbagai cara positif dapat dilakukan sebagai penjabaran cita-cita bangsa, salah satunya menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif sebagai syarat penting menumbuhkan kembalil ekonomi masyarakat.

“Kondisi masyarakat kita di Tana Toraja mengalami peningkatan aktivitas yang melonjak, disertai pelonggaran dari pemerintah, yang tentu dinamika situasi Kamtibmas juga mengalami peningkatan,” pungkasnya.

Maka itu pada momentum Hari Lahir Pancasila tahun 2022, Juara Silalahi berharap agar masyarakat semua tidak lalai dalam menjaga kedamaian dan kenyamanan di Bumi Lakipadada melalui bersama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. (risna)

  • Bagikan