Cuaca Ekstrem, Dua Rumah dan Satu Lumbung Padi Rusak Tertimpa Pohon Tumbang di Sangalla Selatan

  • Bagikan

Dua rumah dan satu lumbung padi milik warga rusak akibat tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang di Batualu, Sangalla Selatan, Tana Toraja, Jumat (17/6/2022) sore. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Dua rumah dan satu alang (lumbung padi) di Batualu, Kecamatan Sangalla Selatan, Tana Toraja tertimpa pohon tumbang, Jumat (17/6/2022) sore.

Diketahui rumah korban milik warga Batualu bernama Daniel Parende, sementara satu rumah dan alang yang rusak milik Mama Ramli.

Peristiwa rumah dan alang rusak tertimpa pohon dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, Kristian Sakkung.

“Pohon tumbang setelah terjadi angin puting beliung, disertai hujan deras di wilayah Batualu,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (18/6/2022).

Menurut korban saat kejadian terdengar suara keras dan kemudian mengecek ke arah luar rumah dan melihat pohon jatuh di alang dan rumah setelah hujan deras disertai angin kencang.

Dua rumah mengalami kerusakan cukup berat, sementara alang rubuh disebabkan tiang penyanggah yang patah akibat angin kencang.

Kerugian dialami kedua korban ditaksir ratusan juta dan beruntung tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Sementara pihak BPBD Tana Toraja telah turun ke lokasi bencana dan melakukan pendataan untuk berkoordinasi dengan dinas terkait guna menyerahkan bantuan darurat bagi para korban.

Sebagai informasi, wilayah kabupaten Tana Toraja dilanda cuaca ekstrem selama dua pekan terakhir sehingga menimbulkan kejadian pohon tumbang, banjir dan tanah longsor.

Maka itu pihak BPBD Tana Toraja terus mengimbau masyarakat agar tetap waspada, khususnya bagi yang tinggal di perbukitan karena rawan terjadi bencana longsor. (risna)

  • Bagikan