Prioritaskan Penanganan Banjir Aspirasi Warga pada Reses Anggota DPRD

  • Bagikan
Suasana reses anggota DPRD asal Dapil 1 Palopo di Aula Kantor Camat Wara, Rabu, 20 Juli 2022 kemarin.--ft: arsul/palopopos--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DANGERAKKO-- Anggota DPRD Palopo melaksanakan reses masa sidang ketiga periode 2021/2022 di Kantor Camat Wara, Rabu, 20 Juli 2022 kemarin. Reses ini bertujuan menyerap aspirasi masyarakat pada masing-masing daerah pemilihan (Dapil) di Kota Palopo.

Mayoritas aspirasi yang disampaikan pada reses ini yakni penanganan banjir. Utamanya banjir di Kel. Amassangan, Dangerakko, Tompotikka, Pajalesang, dan Boting. Disamping itu, masyarakat juga mengusulkan kegiatan fisik seperti, jalan, jembatan, sungai, dan saluran air.

"Perlu dilakukan penambahan talud atau dilakukan pengerukan terhadap sungai yang ada di setiap wilayah perlu diprioritaskan. Apalagi saat ini musim hujan dan rawan luapan air terjadi karena beberapa titik sungai ini sudah mengalami pendangkalan," kata Ramli, tokoh masyarakat Kel. Boting pada reses ini.

Usulan ini pula mendapat respon dari anggota DPRD, Misbahuddin. Legislator asal PKB ini mengungkapkan bahwa salah satu permasalahan di Kota Palopo yang kerap dihadapi masyarakat adalah banjir dari luapan air sungai. Apalagi, dimusim hujan saat ini bisa memunculkan dampak buruk di pemukiman warga, terutama mereka yang bermukim di bantaran sungai.

"Memang ini sangat penting. Tidak hanya sungai, termasuk saluran air atau drainase perlu dioptimalkan ke depan karena sudah tidak maksimal dalam menampung air dengan debit yang besar sehingga merembes ke pemukiman warga," katanya.

Oleh karena itu, Misbahuddin menegaskan akan menindaklanjuti usulan masyarakat dari beberapa permasalahan yang ada sebagai skala perioritas ke depan. "Tentunya ini akan menjadi pertimbangan kita. Kami akan mengusahakan bagaimana persoalan ini kita dorong dalam tahun anggaran mendatang," tandas Misbahuddin.

Sementara, Wakil Ketua 2 DPRD Palopo, Irvan Majid yang turut hadir mengatakan bahwa usulan-usulan yang disampaikan masyarakat akan dituangkan dalam pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD dan disampaikan ke pihak eksekutif atau pemerintah.

Adapun anggota DPRD lainnya yang hadir dalam reses ini yakni, Budirani Ratu, Jabir, Steven Hamdani, Darmawati, Megawati dan Cristin Lupita Lestari. Hadir pula Lurah, RT/RW, dan tokoh masyarakat. (rul/ikh)

  • Bagikan