Ramai Figur Penantang Budiman di Pilkada Lutim Mendatang

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Tensi politik di daerah jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 mulai terasa hangatnya. Meskipun masih dua tahun lagi digelar, kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Timur 2024 sudah mulai 'panas' dibahas. Sejumlah figur juga mulai kembali menampakkan diri, kembali rajin ke masyarakat untuk bersosialisasi.

Pilkada Luwu Timur juga sangat menarik untuk dibahas. Petahana saat ini adalah Bupati Luwu Timur, H. Budiman Hakim dipastikan akan kembali maju di putaran kedua Pilkada Lutim mendatang. Ia pun tentunya akan berhati-hati memilih pasangan untuk mengokohkan posisinya sebagai incumbent agar bisa "oppo".

Namun, di Luwu Timur bukan hanya Bupati Budiman. Ternyata masih banyak tokoh yang juga punya banyak simpati. Salah satunya, mantan Bupati Luwu Timur yang juga Ketua Partai Nasdem Lutim, Irwan Bachri Syam. Terus ada Ketua DPRD Lutim, Aripin, Wakil Ketua DPRD, HM Siddiq, mantan Kadis Tarkim, Ir Sainuddin yang akrab disapa Bang Jay, anggota DPRD Sulsel, Taqwa Muller, hingga Sekretaris Partai Golkar Lutim, putra mantan Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma, Andi Rio Patiwiri, digadang juga akan maju kembali menantang Bupati Budiman.
Analisa itu disampaikan Ketua Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (BKPKP AMJI-RI), Muhammad Rafi'i, Rabu (27/7/2022).

Ia menuturkan, Irwan Bachri Syam diprediksi kembali akan menjadi lawan berat calon incumbent, Budiman. "Kalau Irwan Bachri Syam kembali duet A Rio, maka pasangan tersebut bisa menjadi lawan yang kuat bagi Pak Budiman. Untuk bisa mengimbanginya, Budiman perlu berpikir berpaket dengan salah-satu dari keluarga Alm Thorig Husler," cetus Rafi'i.

Sebagai informasi, untuk maju mengusung pasangan calon di Pilkada Lutim mendatang, masih menunggu perolehan kursi di parlemen Lutim hasil Pileg Februari 2024.

Untuk saat ini jumlah kursi di DPRD Lutim sebanyak 30 kursi. Dan diprediksi akan bertambah menjadi 35 kursi di Pileg 2024 jika jumlah penduduk Kabupaten Luwu Timur mencapai 300 ribu jiwa.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, Zainal mengatakan, bertambahnya kursi ada hitungnya-hitungannya. Salah satunya adalah jumlah penduduk Luwu Timur melebihi 300 ribu jiwa.

"Intinya, penduduk Luwu Timur melebihi 300 ribu, jumlah kursinya 35," kata Zainal usai peluncuran tahapan pemilu 2024, Selasa (14/6/2022) malam.

Peluncuran tahapan pemilu 2024 dihadiri perwakilan partai politik, organisasi kepemudaan, polisi, TNI, Bawaslu Luwu Timur dan Kepala Disdukcapil Luwu Timur, Oksen Bija.

Untuk data tahun 2021, jumlah penduduk Kabupaten Luwu Timur sudah mencapai 304.938 jiwa.
"Penduduk Luwu Timur 304.938 jiwa, itu tahun 2021," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Timur, Oksen Bija.

Oksen mengatakan, bulan Juni 2022, belum ada data update jumlah penduduk Luwu Timur.(idr)

Sejumlah Figur akan Maju di Pilkada Lutim

  • Bupati Luwu Timur, H. Budiman Hakim
  • Mantan Bupati Luwu Timur yang juga Ketua Partai Nasdem Lutim, Irwan Bachri Syam
  • Ketua DPRD Lutim, Aripin
  • Wakil Ketua DPRD, HM Siddiq
  • Mantan Kadis Tarkim, Ir Zainuddin (Bang Jay)
  • Anggota DPRD Sulsel, Taqwa Muller
  • Sekretaris Golkar Lutim, Andi Rio Patiwiri
  • Bagikan