Siapkan Caleg Petarung dan Usung Kader di Pilkada

  • Bagikan
Drs Marjono, Ketua DPC Gerindra Luwu Utara
  • Penugasan Marjono sebagai Ketua DPC Gerindra Lutra

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Drs Marjono ditunjuk sebagai ketua DPC Gerindra Luwu Utara. Menjadi sang nakhoda di partai peraih 3 kursi di DPRD Luwu Utara 2019-2024. Jadi sifatnya penugasan. Penugasan penting lain Marjono adalah menghadapi event politik 2024. Siapkan caleg petarung. Memenangkan Prabowo sebagai presiden RI. Dan, usung kader di pemilihan kepala daerah.

Marjono adalah anggota DPRD Provinsi Sulsel dua periode. Ia memang korda Luwu Raya di struktur kepengurusan DPD Gerindra Provinsi Sulsel yang dinkahodai Iwan Aras. Ia juga pernah sebagai ketua DPC Gerindra Kota Palopo. Ia sukses mengantarkan kader Gerindra merebut unsur wakil ketua DPRD Kota Palopo. Ia sendiri naik kelas jadi anggota DPRD Sulsel. Jadi, pilihan ketua Gerindra Sulsel mempercayakan dirinya sebagai ketua Gerindra Luwu Utara sudah tepat. Untuk merebut kembali kejayaan Gerindra di Luwu Utara. Yang kala itu berhasil menduduki kursi unsur wakil ketua DPRD Luwu Utara pemilu sebelumnya.

Saat ini atau pemilu periode 2019-2024, suara Gerindra memang merosot di Luwu Utara. Agak turun. Sekarang tinggal 3 kursi. Dulu enam kursi. Kejayaan inilah yang mau diulang pada pileg 2024. Amin..!
''Perlu digaris bawahi saya ini ditunjuk ketua DPC Luwu Utara karena penugasan,'' tandas Drs Marjono, saat dihubungi sedang dalam perjalanan ke Kota Makassar, Kamis 28 Juli 2022. ''Jadi, pakai istilah penugasan. Karena partai ini mau hadapi verifikasi di KPU,'' tambahnya.

Ia melanjutkan dimana Partai Gerindra akan menghadapi verifikasi dua tahap. ''Verifikasi internal dan di KPU nanti,'' ucap pria kelahiran Luwu Utara, tepatnya di Desa Katulungan tanggal 12-5-1969.
Di internal, lanjutnya, pengurus DPD Gerindra H Iwan Aras itu menganggap atau melihat kepengurusan DPC Luwu Utara sepertinya kurang siap hadapi verifikasi. Atas dasar itulah sebagai korda ditunjuk untuk melaksanakan verifikasi internal. ''Karena kepentingan verifikasi harus ada pengurus, maka dibuatlah SK,'' katanya. Sehingga dari kebutuhan yang dipandang mendesak ini, maka ia ditunjuk sebagai ketua DPC. ''Sifatnya penugasan. Ditugasi untuk menjadi nakhoda,'' terangnya.

Setelah verifiksi internal, baru masuk ke verifikasi KPU. Kalau di KPU kalau tidak salah akan dimulai bulan 10. Ini masuk tahap kedua atau langkah kedua setelah internal. Berikutnya adalah Drs Marjono mempersiapkan event politik. Yaitu pileg dan pilpres yang digabung satu.

''Saya setelah selesai melaksanakan tugas verifikasi. Tugas saya adalah mempersiapkan para caleg yang akan bertarung di event politik 2024,'' beber Marjono.
Terkait dengan persiapan menghadapi pemilu ini, Drs Marjono mulai saat ini tengah intens membangun komunikasi. Ke sejumlah tokoh dan pihak yang diperkirakan nanti punya kemampuan memenangkan pertarungan politik 2024. ''Gerindra itu partai yang masih melekat di hati rakyat,'' terang anggota komisi C DPRD Provinsi Sulsel ini. Di DPRD Luwu Utara, kata dia, kursi sekarang tinggal 3. Dulu pernah 6 kursi. ''Makanya kita punya dulu pimpinan wakil ketua. Nanti harus merebut kembali,'' ujar dia optimis.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memenangkan Prabowo sebagai presiden dari Partai Gerindra yang digelar bersamaan dengan pemilihan anggota DPRD Kab/Kota, Provinsi, dan DPR RI. ''Saya harus persiapkan caleg untuk bertarung pada pemilu dan sekaligus untuk memenangkan pak Prabowo sebagai presiden,'' tandasnya. Bagaimana target Gerindra Luwu Utara di pilkada yang digadang bulan November 2024? ''Kalau pilkada nanti, nanti selesai event pertarungan pemilihan anggota DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, dan pemilihan presiden di tahun yang sama. Situ akan ditahu kekuatan partai kita hadapi pilkada,'' tegasnya.

Drs Marjono yang awalnya background pengusaha dan kini sukses di dunia politik punya saran untuk tokoh yang mau maju di pilkada. ''Saya juga sarankan ke mereka, ya paling tidak mengukur kemampuan di pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota, provinsi, dan DPR RI,'' imbuhnya. ''Saya istilahkan harus cek sound sebelum tarung di pilkada 2024. Hehehe,'' kata Marjono sambil terkekeh.

Kenapa demikian? Lanjutnya, ''ya untuk tahu mengukur seberapa potensinya''. Hal ini, kata dia, sesuai arahan ketua DPD Gerindra Sulsel yang mengarahkan semua kader untuk memenangkan Gerindra di pilkada, ikutlah di pemilu.

Untuk target Gerindra di pilkada Luwu Utara 2024, ia berharap bisa mengusung sendiri calon. ''Kader ada. Banyak kita siapkan kader,'' ungkapnya. ''Tinggal nanti DPD dan DPP yang menentukan. Kalau kader-kader banyak. Ada Pak Asryad, Rahmat Laguni, ada juga saya,'' sebutnya.

Sebelumnya Sekretaris Gerindra Luwu Utara Nasaruddin Syafar membenarkan penugasan Marjono sebagai ketua DPC Gerindra Luwu Utara. ''Beliau menggantikan posisi Pak Arsyad,'' tandasnya. (ary)

  • Bagikan