Tim Pemekaran Kabupaten Toraja Barat Temui Kemendagri, Ini Syarat yang Diminta Dilengkapi!

  • Bagikan
Panitia Pemekaran Toraja Barat dan sejumlah anggota DPRD Tana Toraja mendatangi Kantor Kementerian Dalam Negeri untuk menyampaikan usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) Toraja Barat. dok IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA — Panitia Pemekaran atau Daerah Otonomi Baru (DOB) memperlihatkan keseriusan dalam pengurusan pembentukan Kabupaten Toraja Barat (Tobar).

Rabu, 10 Agustus 2022, Panitia Pemekaran Toraja Barat mendatangi Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan audens sekaligus menyerahkan SK Panitia DOB Toraja Barat.

Di Kemendagri, Panitia Pemekaran Toraja Barat bersama sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Tana Toraja diterima oleh Direktur Penataan Daerah OTSUS dan DPOB, Valentinus Sudarjanto Sumito.

Ketua Harian Panitia Pemekaran Toraja Barat yang juga Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, mengatakan dalam pertemuan tersebut pihak Kemendagri menyambut baik rencana pemekaran Toraja Barat.

“Beberapa hal telah kami sampaikan langsung kepada pihak Kemendagri dan pada prinsipnya, rencana DOB ini disambut baik oleh pihak kementerian,” terang Welem dilansir dari media daring lokal Kareba-Toraja.com, Kamis 11 Agustus 2022.

Welem mengatakan, pihak Kementerian Dalam Negeri mengisyaratkan agar segera melengkapi data yang dibutuhkan serta kelengkapan lainnya dan segera disetorkan ke kementerian.

“Kita diminta melengkapi semua data yang dibutuhkan dan mesti segera dimasukkan ke Kementerian Dalam Negeri,” kata Welem.

Welem menyebut, dengan adanya sinyal positif dari Kemendagri, Panitia akan semakin semangat dan bekerja lebih keras. “Apalagi kita ditantang kalau bisa bulan ini kita merampungkan data disetor ke sana (Kemendagri),” lanjut Welem.

Ditanya soal syarat utama dalam pembentukan DOB ini, Welem mengatakan bahwa sesuai arahan dari kementerian bahwa syarat utama adalah dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat.

“Intinya yang kita butuhkan adalah data awal yang harus segera kita setorkan. Jadi kita minta kepada semua stakeholder, terkhusus masyarakat Toraja Barat untuk mendoakan dan mendukung perjuangan kita ini, semoga dapat berbuah manis,” pungkas Welem.

Sementara itu, Ketua KNPI Tana Toraja, Restu Tangaka yang juga ikut dalam pertemuan tersebut, meminta kepada segenap masyarakat Tana Toraja dan Toraja Barat pada khususnya agar sama-sama mendoakan, berjuang, dan mendukung rencana tersebut.

“Kita berharap semua ikut berperan dalam perjuangan ini. Intinya rencana kita agar Toraja Barat lebih baik lagi. Mari kita dukung dan doakan semoga semua bisa berjalan dengan baik,” harap Restu. (int)

  • Bagikan