Penertiban Pasar Sore Rantepao Berjalan Aman dan Kondusif, Dikawal Brimob, Polres, dan TNI

  • Bagikan

Wabup Torut Frederick Victor Palimbong dan Kasat Satpol PP Riantho Yusuf saat koordinasi terkait penertiban pasar sore,Sabtu, 27 Agustus 2022.--albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Eksekusi penertiban lapak-lapak di Pasar Sore Rantepao, Toraja Utara dilakukan ratusan anggota Satpol PP Pemkab Toraja Utara. Mereka dibackup Polres Toraja Utara, Kodim 1414 Tana Toraja, dan Satu Platon Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan.

Pasar sore yang berlokasi di Kelurahan Penanian, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara akhirnya dibongkar, Sabtu, 27 Agustus 2022 pagi.

Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong yang ditemui di lokasi penertiban pasar sore mengucapkan terima kasih kepada para pedagang.

Frederick Victor Palimbing tak lupa juga mengucapkan simpati kepada para pedagang dan pendampingnya yang sudah berkenan membongkar sendiri. Semua berjalan dengan baik. Ini terjadi karena adanya pendekatan dengan baik. Pendekatan yang lunak. Dan, dibantu sesuai yang diminta.

"Terima kasih juga kepada Ketua DPRD dan kawan-kawan sudah melakukan atau memfasilitasi: sehingga kita semua bisa punya komitmen bersama untuk memindahkan dengan cara-cara yang baik dan memindahkan sendiri lalu kita bantu untuk pindahkan. Jadi tidak ada tindakan yang berlebihan yang perlu kita lakukan," jelas Wabup Torut.

Terkait lokasi pindah para pedagang, Wabup jelaskan para pedagang pasar sore ada yang pindah sendiri ke tempatnya. Ada juga yang pindah ke Pasar Bolu dan ada yang pindah ke pasar pagi. ''Ada lahan yang mereka sudah sepakati dengan pemilik lahan,'' kuncinya

Sementara di lokasi yang sama Kasat Satpol PP Riantho Yusuf.S terkait penertiban pasar sore menjelaskan, penertiban yang dilakukan dilakukan.

''Kami bersyukur dari Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Toraja Utara, karena ini kegiatan leading sektor kami. Kami bersyukur bahwa masyarakat atau pedagang saudara -saudara kita di sini bisa menyadari dan memberikan kami kesempatan pada kami untuk melakukan penertiban secara baik dan ada 80-an lapak beserta pedagang yang ada di dalam lokasi pasar sore. Jadi ada 100 lebih pedagang yang ditertibkan di sini. Di satu sisi kami harus melaksanakan tugas dengan tegas. Tetapi, kami syukuri masyarakat bisa dengan sadar membongkar dan mengeluarkan barangnya. Bahkan, membongkar lapaknya sendiri," beber Kasat Satpol PP.

Kasat Satpol PP Riantho mengatakan, pihaknya melaksanakan penertiban pasar sore dengan cara persuasif.

"Jadi kami harapkan pelaksanaan ini bisa terlaksana dengan baik. Tidak ada masalah di lapangan. Sehingga, pembangunan alun-alun kota bisa dilakukan demi kepentingan Toraja Utara," pungkas Kasat Satpol PP Riantho Yusuf.

Penertiban ini sendiri berlangsung aman, lancar, dan kondusif, tanpa adanya perlawanan dari masyarakat. Bahkan, terlihat para pedagang juga turun membongkar sendiri lapak dan memindahkan barang jualannya.

Turut hadir pada saat pembongkaran yakni Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama , Anggota DPRD Fraksi Demokrat Fredy Batoarung, Kapolres Torut AKBP Eko Suroso, Dandim 1414/Tator Letkol INF.Monif Ade Chandra, Kasdim 1414/Tator, Kabagops Kompol Marthen, Komandan Brimob Kompol. Muhammad Agus, dan jajarannya. Mereka semua turut memantau jalannya penertiban pasar sore yang berlangsung damai.(Albert tinus)

  • Bagikan